Pemkot Kembali Gelar Operasi Yustisi Kebersihan

Share it:
Pejabat Wali Kota Jayapura Daniel Pahabol, S.Pd, MM yang didampingi Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat menyampaikan arahan pada apel gabungan sebelum dimulainya Operasi Yustisi Kebersihan
Jayapura, Dharapos.com 
Dalam rangka penegakan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2011, Pemerintah kota melalui Dinas Kebersihan dan Pemakaman kota Jayapura kembali menggelar operasi Yustisi dengan mengambil lokasi di GOR Waringin, APO Distrik Jayapura Utara, Selasa (30/8).

Yustisi tersebut diawali apel gabungan yang di pimpin langsung oleh Pejabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM.

Sekretaris Daerah Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM turut hadir pada operasi yustisi tersebut.

Yustisi kali ini turut melibatkan personel Polisi Militer, Polres Jayapura Kota, Satuan Polisi Pamong Praja dan PPNS kota, serta Jaksa dan Hakim.

Pejabat Wali Kota dalam arahan mengatakan Pemkot mengharapkan agar para pengendara mobil tidak membuang sampah dari atas mobil.

“Sebaga Pejabat Wali Kota, saya sangat mengharapkan adanya peran serta dari kita semua untuk mendukung penerapan aturan ini terutama Satpol PP maupun Pemerintah kota Jayapura yang mempunyai andil besar untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat kita,” urainya.

Nantinya juga, lanjut Pj Wali Kota, akan dibuatkan jadwal agar masyarakat juga bisa menggelar kebersihan bersama Pemkot Jayapura.

Lebih lanjut, jelasnya, ketersediaan sarana dan prasarana perkotaan seperti fasilitas kebersihan merupakan salah satu bagian penting yang dibutuhkan dalam sistem transportasi.

Hal ini sesuai ketentuan Peraturan Daerah Kota Jayapura Nomor 11 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan kebersihan.

Para personel dari  institusi TNI dan POLRI yang terlibat dalam Operasi Yustisi Kebersihan
Dimana pasal 4 ayat 2 mengamanatkan bahwa setiap pemilik kendaraan roda empat atau lebih wajib menyediakan tempat sampah di dalam kendaraannya.

“Kesadaran warga masyarakat sebagai pengguna kendaraan diharapkan untuk tetap dan terus menjaga dan memelihara kebersihan dengan tidak membuang sampah di luar kantoran atau dari dalam kendaraan secara sembarangan,” imbuhnya.

Pj. Wali Kota juga  berpesan kepada masyarakat kota  untuk terus merawat, menjaga dan memelihara fasilitas tempat sampah yang telah disediakan Pemkot agar berfungsi sebagai mestinya.

Para sopir juga jangan bosan-bosan untuk mengingatkan para penumpang agar tidak membuang sampah keluar dari mobil, tapi buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan di dalam mobil

“Saya mengajak kita semua untuk mensyukuri upaya pemerintah karena semua yang pemerintah lakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat dengan terus menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan terisitimewa dalam kendaraan roda empat,” ajaknya.

Yustisi kebersihan, sambung Pj Wali Kota, tidak semata-mata untuk mengejar Piala Adipura akan tetapi lebih dari itu untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen sungguh-sungguh Pemerintah akan pentingnya kebersihan.

Kesadaran harus dibangun secara terus-menerus baik melalui komunikasi, sosialisasi, kampanye, penyuluhan termasuk operasi yustisi kebersihan dan sebagainya.

“Piala Adipura adalah tujuan antara dari tujuan utama yang mau dicapai adalah terbangunnya kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga dan memelihara kebersihan diri, tempat tinggal, lingkungan dan Kota,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga