Pemkot - Panwas Teken NPHD Pelaksanaan Pilkada Kota Jayapura

Share it:
Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat menandatangani NHPD Pelaksanaan Pilkada Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com  
Pemerintah Kota dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Jayapura meneken Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait pelaksanaan Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura tahun 2017.
Penandatangan NHPD tersebut berlangsung di ruang rapat Wali Kota, Senin (15/8).

Pemkot di wakili Sekretaris Daerah Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM sementara Panwaslu diwakili Ketuanya, Soleman Maniani.

NPHD yang ditandatangani tersebut berupa anggaran yang ditampung dalam APBD Kota Jayapura dan diperuntukkan buat Panwaslu sebesar Rp 4,1 miliar.

"Kalau dana Rp 4,1 miliar ini ada dalam APBD perubahan, sedangkan yang anggaran induk Rp 750 juta bisa dicairkan segera dan silahkan diajukan untuk pencairan hari ini supaya memperlancar tugas-tugas Panwas," urai Sekda.

Penandatangan NHPD yang juga dilakukan Ketua Panwas Soleman Maniani
Dikatakan, dalam  penyerahan ini dirinya bertindak atas jabatan Sekda Kota Jayapura, bukan Plh Wali Kota, karena jabatan Plh tidak memiliki kewenangan dalam pesertujuan hibah atau bantuan sosial (Bansos).

"Ada batasan-batasan pada jabatan pelaksana harian itu sendiri, sehingga perlu ketelitian dan kehatian-hatian dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat prinsip atau berupa kebijakan yang menimbulkan suatu tafsiran yang ganda. Jadi jangan ada salah paham, bahwa saya lakukan ini atas jabatan Sekda bukan Plh
Wali Kota. Dalam keputusan Wali Kota bahwa apabila Wali Kota atau Wakil Wali Kota berhalangan atau tidak ada di tempat maka Sekda bisa diberikan kewenangan untuk menyetujui pemberian hibah atau bansos," jelasnya.

Terkait adanya revisi dalam NPHD yang harus dilakukan, menurut Sekda, karena dalam NPHD disebutkan jabatan Pelaksana Harian Wali Kota Jayapura.

"Ini yang tidak boleh, harus Sekda dan ini yang akan direvisi redaksinya. Yang pasti proses tetap berjalan," tukasnya.
Penyerahan NHPD Pilkada Kota Jayapura 

Di tempat yang sama, Ketua Komisioner Panwas Kota Jayapura Soleman Maniani  memberikan apresiasi kepada Pemkot Jayapura yang menyiapkan dukungan dan untuk pelaksanaan Pemilukada 2017 mendatang.

Panwas, lanjut dia, yang diberikan amanah akan berupaya dengan sebaik-baiknya dalam penggunaan dana tersebut secara jelas,terperinci dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Untuk perbaikan redaksi akan segera kami lakukan secepatnya," tukas Soleman.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga