Pemkot – Tim WTN Gelar Pertemuan

Share it:
Pertemuan Plh Wali Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM dengan tim WTN Kemehub RI
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura menggelar pertemuan bersama tim Penilaian Tahap 1 dan 2 Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Direktorat Jenderal (Dirjend) Perhubungan RI, Kamis (18/8).

Dalam pertemuan tersebut tim penilai dari kemenhub memaparkan hasil penilaian di depan Pelaksana Harian Wali Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM.

Pada kesempatan tersebut, Pemkot memberikan apresiasi dan ucapan terima kasi kepada tim Wahana Tata Nugraha dari Kemenhub RI.

“Yang mana saat turun lapangan, tim ini melihat semua sudut Kota Jayapura, khusus zona perhubungan sehingga ditemukan berbagai kekurangan yang perlu dibenahi. Kekurangan tersebut sangat sederhana, yaitu ditemukan trotoar yang berlubang,” urainya.

Selain itu juga, ada bagian-bagian di jalan yang menjadi temuan, dan harus menjadi perhatian.

Hal lain yang harus segera dibenahi yakni terminal terutama soal kepemilikan yang harus menjadi milik sendiri dan tidak boleh dipinjam pakai.

Suasana pertemuan
Untuk terminal di  Youtefa ada areal untuk menguji kendaraan, dan telah disampaikan kepada tim bahwa sementara dilakukan proses untuk pemindahan.

“Karena apabila pasar Youtefa jadi.maka alat uji kenderaan tersebut harus dipindahkan serta semua perangkat yang terkait dengan perhubungan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ungkap Plh Wali Kota, ada juga beberapa hal yang ditemukan namun merupakan bagian yang harus dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum yang sementara melakukan pelebaran jalan untuk ditindaklanjuti.

“Ada temuan lain yang akan di lakukan namun harus simultan, dengan pembangunan pada sektor lain,” ujarnya.

Seperti pekerjaan marka jalan yang harus diremajakan, dan itu sudah diprogramkan tetapi harus menunggu
pekerjaan pengaspalan jalan yang sudah diprogramkan oleh Dinas PU.

Pertemuan yang dilakukan tersebut telah disepakati antara Pemkot dan tim WTN untuk menindaklanjuti 18
item yang menjadi temuan tim untuk segera di tindak lanjuti.

Di tempat yang sama, Ketua Tim WTN, Endi  juga menambahkan pertemuan ini juga untuk memberikan masukan kepada Pemkot untuk melakukan satu perbaikan, dalam rangka tata kelola transportasi perkotaan agar lebih baik lagi.

Penyerahan hasil penilaian oleh Ketua Tim WTN kepada Plh Wali Kota 
“Hal itu kelihatan sepele namun, harus di benahi seperti lubang pada trotoar pada keadaan tertentu dapat berakibat pada kecelakaan,” urainya.

Lebih utama, fasilitas uji kendaraan masih jauh dari kelayakan, dimana dari sisi prasarana peralatan yang tersedia harus menjadi fokus Pemkot untuk mengadakan gedung yang layak sebagai tempat pelaksanaan pengujian kendaraan dengan dilengkapi 13 peralatan yang harus disediakan.

“Karena baru 4 alat namun dalam kondisi tidak bisa digunakan,” beber Endi.

Karena hal ini bisa berujung pada keselamatan penumpang, sehingga diminta kepada Pemkot sebagai syarat utama yang harus dipenuhi dan bisa meminimalisir kecelakaan atau bisa di tekan.

“Untuk masalah terminal masih pinjam pakai sehingga kami minta untuk dibangun terminal yang layak,” dorongnya.

Endi yakin untuk itu hal-hal ini bisa segera disikapi Pemkot Jayapura ke depan sesuai komitmen dalam melakukan pembenahan terhadap tata kelola transportasi darat.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga