SMA Gabungan Gelar Aksi Bersih-bersih di Pantai Dok II

Share it:
Pengurus OSIS SMA Gabungan melakukan aksi bersih-bersih di tepian Pantai Dok II Jayapura
Jayapura, Dharapos.com 
Mencintai kebersihan bukan saja menjadi tanggung jawab Pemerintah namun seluruh elemen masyarakat harus ikut berperan, demi mewujudkan hal tersebut.

Terutama dengan cara menjaga kebersihan di setiap lingkungan tempat tinggal atau saat dimana pun berada.

Mendasari itu, Bagian Kesiswaan bersama pengurus OSIS SMA Gabungan menggelar aksi bersih-bersih di kawasan Pantai Dok II Kota Jayapura, Sabtu (20/8).

Aksi tersebut dilakukan di sepanjang pantai yang berlokasi di Jalan Soa Siu, areal depan Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Kepala SMA Gabungan Jayapura, Sandra Titihalawa, S.Pd, M.Si
Hal ini sebagai wujud tanggung jawab dalam rangka menjaga dan mencintai kebersihan sebagaimana yang telah diarahkan kepada semua jenjang sekolah di wilayah Kota Jayapura guna mendukung program Pemkot setempat.

Pantauan Dharapos.com di lokasi kegiatan, puluhan siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIS membersihkan pinggiran pantai yang biasa digunakan sebagai tempat wisata warga masyarakat di negeri berjuluk “Port Numbay” ini.

Walau dengan peralatan sederhana dengan bermodalkan sapu serta karung  untuk membersihkan dan menampung sampah, namun terlihat mereka begitu antusias dan semangat, saat melakukan pembersihan ditepian pantai.

Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Gabungan Jayapura, Sandra Titihalawa, S.Pd, M.Si kepada wartawan menuturkan kegiatan ini merupakan program kesiswaan yang baru pertama kali dilakukan.

Aksi bersih-bersih oleh puluhan siswa di tepian Pantai Dok II
Dan aksi ini juga terkait dengan visi SMA Gabungan yaitu " Pelestarian Lingkungan" yang diimplementasikan dalam program kerja OSIS.

“OSIS punya masa kerja yang akan berakhir bulan September mendatang. Dan untuk menutupnya, mereka kemudian membuat program tentang lingkungan dan targetnya adalah melakukan pembersihan di sepanjang Pantai Dok II,” urainya.

Hal ini juga, lanjut dia, bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik, untuk mencintai dan melestarikan lingkungan yang bukan hanya di areal sekolah saja tapi juga di kawasan luar sekolah.

Lebih lanjut Titihalawa mengungkapkan, program yang baru di cetus ini juga dalam rangka mendukung program Pemkot Jayapura, sebagai kota BERIMAN yaitu Bersih, Indah, Aman dan Nyaman.

Beberapa siswa sedang memungut dan memasukan sampah ke kantong
“Hal ini juga seiring dengan permintaan Wali Kota Jayapura periode 2011-2016 DR. Benhur Tomi Mano, MM untuk mencintai lingkungan di sekitar kita, sehingga diimplementasikan lewat pembersihan Pantai Dok II,” sambungnya.

Di singgung soal begitu banyaknya siswa/i SMA Gabungan namun hanya sebagian yang diturunkan,
Titihalawa pun menegaskan bahwa aksi ini memang hanya dikhususkan bagi pengurus OSIS yang akan mengakhiri tugas mereka pada September mendatang.

Program ini juga, lanjut dia, baru pertama kali dibuat dan diharapkan di tahun-tahun mendatang akan menjadi program rutin SMA Gabungan Jayapura khusus bagian kesiswaan.

Ditambahkannya, mengembalikan kejayaan SMA Gabungan adalah prioritas dan hal ini didukung juga oleh kesiswaan, untuk mengembangkan potensi para siswa terkait ekstrakurikuler, keagamaan dan budi pekerti.

Aksi bersih-bersih yang sama juga dilakukan siswa lainnya pada areal lainnya di Pantai Dok II  
Memang diakui, kepsek-kepsek sebelumnya jarang untuk mengekspos sekolah tersebut ke media namun setelah beberapa bulan memimpin lembaga ini, Titihalawa kemudian berinisiatif untuk membuat terobosan sehingga kerap kali tampil di berbagai media cetak maupun elektronik.

“Hal ini untuk mengembalikan penilaian yang selama ini berkembang di masyarakat, bahwa SMA Gabungan terkebelakang,” cetusnya.

Titihalawa pun menepis pandangan itu, bahwa SMA Gabungan tidak terkebelakang.

“Bukan terbelakang tapi belum dikenal karena jarang diekspos sehingga cara ini menjadi langkah awal bagi kami untuk kembali membangkitkan animo dan minat masyarakat kepada SMA Gabungan,” tandasnya optimis.

Para siswa sementara menyisir di tepian pantai sambil memunguti berbagai jenis sampah yang terlihat
Ditegaskan pula, SMA Gabungan tidak seperti yang dipikirkan karena selama ini lembaga yang dipimpinnya tersebut mampu menghadirkan generasi muda yang berpotensi dan akan kembali berada di garis depan dalam membangun tanah Papua.

“Apalagi mayoritas siswa-siswi SMA Gabungan 99 persen adalah putra asli Papua dan mereka memiliki potensi yang sungguh luar biasa untuk menjadi pemimpin di masa mendatang,” tukas Titihalawa.

Putri asal negeri Raja-raja Maluku ini pun berjanji akan memaksimalkan potensi terpendam dalam diri putra-putri Bumi Cendrawasih ini untuk meraih sukses setinggi-tingginya.

“Anda tahu, SMA Gabungan sejak dulu telah melahirkan banyak generasi muda yang berprestasi baik di level daerah hingga tingkat nasional sehingga hal ini akan terus dipacu dan saya yakin penuh bahwa kejayaan itu akan kita raih kembali,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga