Tinjau UNP, Pj Wali Kota Ingatkan Guru Beri Motivasi Anak Didik

Share it:
Pejabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM saat mendapat penjelasan dari Kepsek SMAN 4 Jayapura
Jayapura, Dharapos.com 
Pejabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM mengingatkan para guru dan tenaga pendidik untuk tetap mendukung dengan memberi motivasi kepada agar meraih kelulusan dengan hasil yang baik.

Hal tersebut disampaikannya di sela-sela memantau Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) susulan di SMA Negeri 4 dan SMK Negeri 2 Jayapura, Senin (29/8).

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM dan Kepala Dinas Pendidikan Kota, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd.

“Kita mengharapkan anak-anak mendapatkan hasil yang maksimal sehingga lulus dengan nilai yang di harapkan oleh orang tua, guru di sekolah bahkan Pemerintah Kota Jayapura,” harapnya.

Intinya, tegas Pahabol, agar anak-anak ini bisa meraih prestasi yang baik.

Lanjutnya, Pemkot sejak awal sangat mengharapkan tingkat kelulusan 100 persen sehingga ujian perbaikan menjadi motivasi bagi mereka.

Tapi semua itu tergantung dari masing-masing anak dan juga dorongan dari para guru, dan orang tua dalam memberikan motivasi kepada mereka untuk tekun belajar.

“Apabila anak itu sendiri tidak punya kemauan maka pasti nilainya tidak baik. Tetapi sebaliknya, jika mereka disiplin dan dengar-dengaran maka pasti nilainya akan baik,” dorong Pahabol.

Ia juga mengakui bahwa dirinya juga adalah seorang guru sehingga mengetahui pasti akan hal itu.

“Orang tua juga harus memperhatikan kepentingan anak. Karena selain pendidikan formal, maka pendidikan informal juga sangat dibutuhkan anak-anak di rumah lewat tuntunan orang tua sehingga mereka bisa menghindari pengaruh-pengaruh negatif,” akui Pahabol.

Sejumlah peserta terlihat serius mengerjakan soal-soal yang diberikan panitia UNP 
Sementara itu, Kadis pendidikan kota Jayapura I Wayan Mudiyasa.S Pd.MM.Pd mengungkapkankan tujuan dilaksanakan UNP ini untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk merubah nilai.
Perubahan nilai, lanjut dia, adalah untuk mencari pekerjaan.

Peserta UN yang nilai di bawah 5,5 diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan yang akan berlangsung sejak 29  Agustus - 7 September 2016.

Hal ini juga diakuinya berpengaruh saat anak-anak akan memasuki dunia kerja, karena nilai tidak mencapai rata-rata sehingga kesempatan diberikan untuk melakukan perbaikan.

Sebanyak 907 peserta yang mendaftar untuk mengikuti UNP di Kota Jayapura tersebar di 3 lokus yakni
SMAN 2, SMAN 4 dan SMKN 2 Jayapura dengan mata pelajaran di hari pertama adalah Bahasa Indonesia, dilanjutkan Bahasa Inggris di hari kedua dan mata pelajaran Matematika di hari ketiga.

“Peserta bukan saja berasal dari Kota Jayapura tetapi juga ada peserta kabupaten lain bahkan dari luar Papua juga ada yang mengikuti UNP tersebut,” rincinya.

Mudiyasa juga menambahkan, UNP ini sudah dilaksanakan 2 kali dan jumlah peserta terbanyak di tahun 2016.

“UNP ini juga turut dikunjungi utusan dari Badan Penilitian dan Pengembangan (Balitbang, red)) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga