Pembangunan Era SDG'S Tingkatkan Keadilan dan Kesetaraan Gender

Share it:
Kepala BPP - KB Kota Jayapura yang diwakili Sekretaris Badan, Petronela Anitu saat membuka Rapat Pembuatan Profil Gender dan Anak, bertempat di Aula Kantor PKK Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Pembangunan pada era Sustainable Developmend Goal's (SDG'S ) menuju pada laki-laki dan perempuan dengan meningkatkan keadilan dan kesetaraan  gender pada setiap sektor pembangunan secara berkelanjutan.

“Namun masalah keadilan gender ditujukan oleh karena rendahnya kualitas hidup dan peran perempuan terhadap tindakan kekerasan anak dan perempuan,” ungkap Kepala Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Jayapura yang diwakili Sekretaris, Petronela Anitu pada Rapat Pembuatan Profil Gender dan Anak, bertempat di Aula Kantor PKK Kota Jayapura, Kamis (15/9)

Lanjutnya, masih banyak peraturan perundang-undangan, kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang bias gender serta masih terkesan diskriminatif terhadap perempuan dan anak.

Di samping itu juga keterbatasan data pembangunan yang terpilih menurut jenis kelamin mengakibatkan Pemerintah kesulitan dalam menemukan masalah-masalah gender yang ada.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Pembuatan  Profil Gender dan Anak, Kita Wujudkan Pembangunan Kota Jayapura yang Respon Gender” ini dilaksanakan Pemkot melalui BPP-KB Kota Jayapura.

“Pembuatan profil Gender dan Anak guna meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dalam penggunaan data gender dan anak dalam perencanaan, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan Pemerintah setempat,” lanjut Betty.

Demikian pula dengan meningkatkan efektifitas penyelenggaraan PUG dan PUHA di daerah  secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan, serta meningkatkan data gender dan anak.

“Pembuatan profil gender merupakan tugas dan fungsi BPP dan KB  yang menyangkut struktur dan nomenklatur. Dimana hal itu sangat penting untuk kami bisa melihat berdasarkan data. Karena kalau kita buat program tanpa data yang jelas, ibarat buang garam ke laut,” cetusnya.

Untuk itu data sangat penting karena melihat dari sisi kesetaraan gender yang terus-menerus baik dari 
Kementrian maupun daerah melalui sosialisasi dan advokasi untuk membangun pemahaman serta memberi peluang yang sama pada laki-laki dan perempuan dalam berbagai bidang baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun budaya.

“Melalui profil data gender ini juga kita akan melibatkan banyak pihak untuk sama-sama bertanggung jawab. Sehingga nantinya, BPP-KB juga bisa mengukur seberapa besar program kegiatan yang telah kita lakukan dalam pemenuhan hak anak di kota Jayapura,” tandasnya.

Meski demikian, Betty juga membutuhkan komitmen Pemerintah lewat Pokja Pengharusutamaan Gender.

Rapat  kegiatan pembuatan profil Gender dan anak diikuti oleh 23 peserta yang terdiri dari Distrik sebanyak 2 orang, Polres dan Polsek (5), Dinas Kesehatan (1), Dinas Sosial (1), Dinas Tenaga kerja (1), BPP dan KB (1) dan Kesbanglinmas 1 orang.

Kemudian, BPS sebanyak 1 orang, Badan Kepegawaian Daerah (1), DPRD kota (1), Pengadilan Negeri (1), Kejaksaan (1) dan LBH 1 orang.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga