Pemda Diminta Kawal Dana Desa Sampai Ke Kampung-kampung

Share it:
Doren Wakerkwa, SH
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi Papua meminta Pemerintah kabupaten/kota tidak hanya sekedar mengantarkan dana desa ke kampung-kampung tetapi turut mengawal proses penggunaan dana desa.

Mengingat kini penggunaan dana desa mendapat sorotan serius dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

“Saya berpesan kepada para Asisten I dan Kepala Bagian Pemerintahan kabupaten/kota, bahwa saat ini KPK sedang mengawal proses penggunaan dana desa, jadi saya harapkan kalian bisa menyampaikan kepada Pemerintah daerah masing-masing agar dapat mengawal proses penggunaan dana desa, kalau salah digunakan maka bisa dipidanakan,”tegas Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, SH di Hotel Sahid Papua, saat dikonfirmasi baru-baru ini.

Doren mengingatkan pemerintah kabupaten/kota bahwa saat ini agar konsisten dalam mengawal penggunaan desa, mulai dari penganggaran hingga ke penggunaan di lapangan.

”Tidak hanya pemerintah kampung saja yang dipersalahkan, pemerintah daerah juga bisa dipersalahkan karena tidak mampu mengawal penggunaan dana desa dengan baik,” cetusnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH menyebutkan gelontoran dana desa dari Pemerintah pusat yang mencapai raturan juta per kampung, membuat pihaknya mengingatkan para kepala kampung di Papua, agar menggunakan dana desa tersebut dengan baik.

Dengan demikian, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat mengingat jika salah  penggunaan bisa tersangkut masalah hukum.

“Saya ingatkan kepala kampung tahun depan pemerintah akan berikan dana desa per kampung satu miliar, saya minta kepala desa ikuti aturan yang ada,”ujar gubernur.

Menurutnya, dana desa yang diturunkan ini tidak hanya membawa kemajuan, tetapi bisa membawa kehancuran, jika tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu,  dirinya minta kepada gereja ikut membantu kepala kampung dalam pengelolaan dana desa ini.

“Dana desa ini harus dikelola secara transparan sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memantau penggunaan dana tersebut. Dana yang besar itu harus mampu meningkatkan pembangunan kampung serta ekonomi kampung,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga