Perkemahan LT. III Kwarcab Kota Jayapura Resmi Dibuka

Share it:
Pembukaan LombaTingkat III Kwartir Cabang Kota Jayapura 
Jayapura, Dharapos.com 
Perkemahan dalam rangka LombaTingkat III Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Jayapura resmi dibuka.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi diri dan membentuk kepribadian dari generasi muda Praja Muda Karana (Pramuka).

Selain itu, sebagai kegiatan positif yang merupakan implementasi dari program-program yang telah disepakati bersama pada Pramuka di masing-masing tingkatan sampai tingkat nasional.

Demikian pernyataan Sekretaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM mewakili Pj. Wali Kota saat membuka lomba yang dipusatkan di Bumi Perkemahan STAIN Al’Fatah Jayapura, Kamis (8/9).

Perkemahan ini bukan saja dilakukan pada level kota tetapi akan berlangsung secara berjenjang hingga ke level provinsi maupun nasional.

“Mereka juga bisa tampil sebagai generasi muda yang memiliki kapasitas, kompetensi dan memiliki integritas yang mumpuni untuk membangun masa depannya maupun masa depan bangsa,” ungkapnya.

Lebih khusus, lanjut Sekda, generasi muda di Kota Jayapura yang sedang dipersiapkan untuk bagaimana membangun kota ini ke depan sebagai kota yang beriman, maju, mandiri, sejahtera, modern berbasis kearifan lokal.

Hal itu berarti setiap kegiatan dan program yang disepakati harus mengarah untuk mewujudkan visi Kota Jayapura.

Sekda Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM mewakili Pj. Wali Kota saat membuka kegiatan
Karena itu, Sekda berharap adik-adik Pramuka dapat mengikuti kegiatan dengan baik untuk menjadi generasi yang siap memberikan sumbangsih positif dalam pembangunan Kota Jayapura dan juga bangsa dan negara.

Lebih lanjut, rinci Sekda, dalam kegiatan ini pasti ada berbagai pelatihan serta berbagai informasi ilmu pengetahuan yang akan diberikan.

“Para peserta diminta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan sungguh serta jadilah tunas Muda yang memiliki kemampuan yang baik,” dorongnya.

Sekda juga berharap kegiatan ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang biasa karena sudah keluar dari sekolah dan diizinkan guru untuk mengikuti kegiatan ini.

“Tapi jadikan kesempatan ini untuk meraih prestasi dan sebagai agen pembaharu bagi teman-teman yang lain,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Kota Jayapura, Jakobus Itaar, S.Sos, M.Si  juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang nantinya berkelanjutan pada kegiatan LT.IV akan dilakukan di tingkat provinsi dan LT.V  di tingkat nasional.

Penyematan tanda peserta oleh Sekda Kota
“Melalui lomba ini agar mereka dipersiapkan dari saat ini karena kegiatan lomba ini bukan untuk mencari juara namun untuk pembinaan karakter generasi muda, sehingga perlu kita lakukan pembinaan agar mereka tak terjerumus ke hal-hal yang negatif,” tambahnya.

Para peserta merupakan yang terbaik dan dipilih berdasarkan LT. II yang dilakukan di masing-masing Kwartir Ranting.

Lebih lanjut, jelas Itaar,  nantinya mereka akan bersaing selama  dua hari dan hanya dua regu  yang terpilih untuk melanjutkan ke LT IV di provinsi sehingga diharapkan mereka yang terpilih dapat membawa nama baik Kota Jayapura.

Sementara Ketua Panitai Robert H. Pui dalam laporan mengatakan, LT. III putra dan putri diikuti 90 peserta dan pendamping dari regu Pramuka Penggalang putera, 5 Kwartir Ranting se kota Jayapura, dan 5 Kwartir ranting yang berprestasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan SDM penggalang sebagai kader bangsa yang bermoral Pancasila, berdedikasi dan loyalitas yang tinggi. Kemudian juga, meningkatkan disiplin pribadi dan rasa tanggung jawab terhadap regu pasukan gugus depan dan organisasi Gerakan Pramuka.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Sekda Kota Jayapura.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga