ULP Fakfak Studi Banding ke KLP Kota Jayapura

Share it:
Kepala KLP Kota Mathias B. Mano (kanan) saat menerima kunjungan Kepala ULP Fakfak, Peter M. Liem
Jayapura, Dharapos.com
Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Fakfak, Peter M Liem secara resmi menyambangi Kantor Layanan Pengadaan (KLP) Kota Jayapura guna melakukan studi banding.

Tujuan dilakukan kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan, pengadaan barang dan Jasa dilingkup Pemerintah Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.

Liem yang didampingi Ketua LPSE, Awal Woretma mengaku alasan memilih ke Kota Jayapura setelah mendengar beberapa pemaparan terkait kelebihan KLP Kota Jayapura yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D, Siahaya, SH, MM yang dipercayakan sebagai narasumber pada Rakonis ULP Tingkat Nasional Kawasan Timur dan Tengah Indonesia, belum lama ini  di Denpasar Bali.

Dimana ULP sudah jadi kantor sendiri dan mandiri bahkan jadi ULP percontohan di Indonesia.

"Kami datang ke sini untuk melakukan studi banding, di Kantor Unit Layanan Pengadaan  Kota Jayapura yang sudah mandiri dan berdiri sendiri sehingga harapkan juga bisa menerapkan hal yang samadi Fakfak," harapnya.

Liem mengaku sangat membutuhkan pengalaman dari teman – teman  yang sudah memiliki ULP yang mandiri.

“Karena kita bisa belajar dan menjadi ULP yang berdiri sendiri juga," lanjutnya, usai memantau ruangan KLP Kota Jayapura, Kamis (8/9).

Kebutuhan akan kantor ULP yang mandiri sangat penting sekali terutama dalam proses pengadaan barang dan jasa, karena banyak permasalahan korupsi timbul berawal dari situ.

"Kami punya niat agar penyerapan dana bisa lebih baik,  kemudian perilaku korupsi juga bisa di kurangi," imbuhnya.

Sementara itu Kepala KLP Kota Jayapura, Matias B. Mano mengungkapkan Pemkot  sudah membentuk unit layanan pengadaan yang sifatnya permanen, berdiri sendiri, mandiri dan independen.

“Selain kabupaten Fakfak, dari Merauke juga sudah datang ke sini,” tambahnya.

Lebih lanjut jelas Mano, dalam kerangka modernisasi pengadaan, KLP Kota Jayapura terpilih sebagai salah satu dari 45 ULP menjadi Pilot Project ULP percontohan di Indonesia.

Dan di tanah Papua cuma Kota Jayapura,  sehingga pihaknya menyambut baik penetapan itu.

"Harapan kita, sebagai ULP percontohan ini,  kami bisa berbagi pengalaman. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta tetapi cukup ke Kota Jayapura saja," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga