55 Kelompok Peternak di Papua Dapat Bantuan Ratusan Sapi

Share it:
Ilustrasi sapi bantuan
Jayapura, Dharapos.com
Sebanyak 55 kelompok peternak di 4 kabupaten/kota di Provinsi Papua menerima bantuan ratusan ekor sapi yang distribusikan Pemerintah Provinsi melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat.

Total sebanyak 715 ekor sapi masing-masing 660 ekor sapi betina dan 55 ekor sapi jantan yang telah distribusikan sejak 24 Desember 2016  untuk  Kota Jayapura dan  Kabupaten Keerom.
Kemudian pada 27 Desember 2016 pendistribusian untuk Kabupaten Sarmi dan Jayapura.

Perlu diketahui ke 4 Kabupaten/Kota tersebut dijadikan sebagai sentra pengembangan ternak sapi, serta 
Pencanangan Pelaksanaan  Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) di Provinsi Papua di Kampung Koya Koso,  Distrik Muara  Tami, Kota Jayapura, Kamis (22/12).

Selain 4 Kabupaten/Kota  yang telah ditetapkan sebagai sentra pengembangan ternak sapi di Provisi Papua, masih ada lagi sentra  pengembangan  ternak sapi lainnya seperti Nabire, Merauke, Mimika dan Waropen.

Pengadaan  715 ekor sapi ini memanfaatkan APBD Provinsi Papua  tahun 2016 sebesar Rp 11, 3 Miliar.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  Papua Ir. Petrus D. Pasereng, MSi melalui Kepala  Bidang Usaha Peternakan Ir. Agustinus Bagio, MMT yang dikonfirmasi, Kamis (29/12) merincikan ke 55 Kelompok  Peternak  tersebut.

Masing-masing Kota  Jayapura sebanyak 5 Kelompok Peternak, Keerom (19), Kabupaten Jayapura (21) dan Sarmi 10 Kelompok Peternak yang setiap kelompoknya terdiri dari 10-25 Orang.

Masing-masing Kelompok Peternak akan memelihara dan mengembangbiakan dan selanjutnya diberikan secara bergilir kepada para anggotanya.

“Jika semua anggota kelompok sudah memperoleh anakan sapi, maka masing-masing kelompok menyepakati untuk digulirkan kepada kelompok tunggu,” katanya. 

Menurutnya,  pembinaan dan pendampingan kelompok menjadi tanggungjawab  Dinas Peternakan Kabupaten/Kota. Dinas Peternakan Provinsi hanya memonitor atau memantau pengembang-biakan sapi-sapi tersebut. 

Sedangkan terkait  obat-obatan untuk perawatan sapi, lanjutnya,  obat-obatan sebagian disiapkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua dan sebagian lagi disiapkan Dinas Peternakan Kabupaten/Kota.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga