Penjabat Resmikan Pekerjaan Fisik di Lingkup Disdik Kota Jayapura

Share it:
Penandatanganan prasasti oleh Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM meresmikan pekerjaan fisik di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Tahun 2016 yang dipusatkan di SD Negeri Inpres BTN Kotaraja, Distrik Abepura, Sabtu (31/12).

Peresmian tersebut turut di hadiri Sekretaris Daerah setempat Rasmus D. Siahaya, SH, MM, pimpinan SKPD di lingkup Pemkot Jayapura, serta para kepala sekolah bersama dewan guru.

Penjabat dalam sambutannya mengatakan setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, tata usaha, perpustakaan, laboratorium dan ruang bengkel kerja.

Kemudian, ruang unit produksi, kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, beribadah, bermain dan tempat rekreasi maupun ruangan lainnya yang disediakan untuk menunjang proses belajar yang teratur dan berkelanjutan.

"Dengan adanya berbagai proyek fisik yang telah selesai maka diharapkan selain meningkatkan akses juga akan menambah semangat tenaga pendidik untuk lebih lagi meningkatkan kinerja sebagaimana yang telah ditekuni selama ini," dorongnya.

Demikian pula kepada para siswa, Penjabat juga berpesan agar semua sarana dan prasarana yang ada saat
ini dapat dijaga, dipergunakan dan dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

"Dan ingat, jangan melakukan corat-coret di sana sini atau mengurangi kualitas sehingga tidak berfungsi optimal," pesannya.

Pihaknya  juga meminta agar pengelola sekolah dapat memanfaatkan fasilitas belajar dengan serta menjaga kebersihan ruangan maupun taman serta memperindah tampilannya sehingga siswa akan betah dan senantiasa merindukan sekolah.

Diakui Penjabat, dengan keterbatasan dana yang ada tentu Pemerintah tidak bisa melayani permohonan semua sekolah secara serentak.

"Namun Pemkot tidak pernah membeda-bedakan status sekolah apakah itu negeri dan swasta karena sekolah swasta juga memiliki peran penting menunjang pembangunan mutu dari SDM dan tempat kebanyakan anak-anak Papua mengenyam pendidikan," akuinya.

Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM melakukan pengguntingan pita
Penjabat juga mendorong pihak pengelola lembaga pendidikan untuk tidak tanggung-tanggung dalam menyusun program pembangunan sekolah yang megah dan indah.

"Jangan tanggung-tanggung dalam menyusun master plan sekolah. Sebab sekolah yang megah dan  tertata rapi serta indah akan menjadi kebanggaan anak-anak dan membuat mereka tidak merasa sebagai buangan," dorongnya.

Profil sekolah, lanjut Penjabat, sangat bergantung pada kreativitas para kepala sekolah dan dewan guru yang didukung oleh komite sekolah dan masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd  dalam laporannya merincikan, prioritas Pemkot pada bidang pendidikan dilakukan melalui 2 program besar yaitu peningkatan mutu dan perluasan akses.

"Dimana perluasan akses adalah  pembangunan fisik berupaya sarana dan prasarana maupun rehab gedung serta pembuatan pagar sekolah," rincinya.

Dikatakan juga, ada beberapa kegiatan yang tidak dibagi dalam jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

Sementara, alokasi dana yang diberikan pada masing-masing jenjang yaitu untuk PAUD dianggarkan senilai Rp 1.546.526.000,  SD (Rp 6.227.636.000,-), dan SMP senilai Rp 4.143.910.000,-

Sementara untuk SMA dan SMK dianggarkan senilai Rp 9.093.260.000,-

Dengan demikian, total pembangunan fisik tahun 2016 untuk semua jenjang yang  diresmikan saat ini sebesar Rp 21.011.322.000,-

Lanjutnya, program ini ada dalam bentuk pembangunan RKB dimana untuk 3 PAUD terdiri dari 3 RKB, untuk SD sebanyak 2 sekolah masing-masing SD Inpres BTN Kotaraja dan SD Inpres Bhayangkara.
Sedangkan untuk SMP sebanyak 2 sekolah dan SMA sebanyak 1 sekolah.

Untuk rehabilitasi, berupa rehab perpustakaan, ruang kelas dan rehab pagar. Kemudian, pembuatan pagar, pemasangan paving blok dan peningkatan sarana-prasarana berupa penambahan alat-alat laboratorium.

Selain itu, pemberian bantuan untuk pembelian alat-alat musik dan penambahan alat-alat yang di peruntukan kepada SMA dan SMK termasuk penambahan alat-alat laboratorium industri di SMKN 6.

Usai peresmian, Penjabat Wali Kota langsung melakukan peninjauan ke  beberapa ruangan yang baru saja dibangun maupun ke ruang kelas yang lama.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga