2017, Total Dana Desa di Kota Jayapura Mencapai Rp 58,6 Miliar

Share it:
Ilustrasi Dana Desa
Jayapura, Dharapos.com
Untuk tahun 2017, Dana Desa mengalami kenaikan hingga Rp 58, 6 Miliar yang mana meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 48,291 Miliar.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pengeloaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Jayapura, Dr. Adolf Siahaya, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (10/1).

"Dana Desa sebesar 58,6 Miliar itu secara keseluruhan untuk 2017 dimana menjadi 15, 895 Miliar naik dari 12, 514 miliar sebelumnya di tahun 2016," ungkapnya.

Terkait  rencana dilakukannya pencairan DD tahun ini pihaknya mengharapkan adanya percepatan dari setiap kampung untuk menyampaikan laporan Angaran Belanja Kampung (ABK)

"Kita tetap meminta mereka (Kampung- Kampung) untuk segera menyampaikan ABKnya," imbuh Siahay seraya meminta agar setiap kampung dapat bergerak cepat, sehingga sebelum akhir  Maret semuanya sudah bisa dilakukan proses pencairan.

Sementara itu, untuk jumlah  Dana Desa per kampung sendiri, ia memastikan akan sangat berbeda dari sebelumnya.

"Kita ancang - ancamg itu rata - rata yang menerima paling rendah itu 2,8 miliar dan yang paling tinggi itu 6,7 Miliar sesuai kriteriannya mulai dari jumlah penduduk miskin, luas wilayah, dan indeks kemahalan," ungkap Adolf.

Selain itu, tidak hanya jumblah yang berbeda dia juga, mengatakan aturanya juga akan berbeda di DD, dimana dana sebelumnya 60% bagi rata, 40 bagi porposi, sekarang  720 juta lebih di bagi rata ke seluruh kampung.

"Karena kemarin 60 bagi rata dan 40 bagi proporsi sekarang semuanya 720 juta itu bagi rata sisah dari dana itu baru di bagi proporsih dari dana desa, Sedangkan  untuk dana desa dan dana bagi hasil kita masih pake aturan lamanya, 60, 40 untuk bagi rata dan bagi proporsi,"jelasnya.

Untuk itu, Ia sangat mengharapkan kepada seluruh kepala kampung yang ada di Kota Jayapura, untuk segerah menyerahkan laporan akhir pengunaan dana desa atau  ABK, agar pencairan dana desa 2017 dapat dilakukan secepat mungkin.

"Sedapat mungkin pertangung jawabanya pada akhir januari suda bisa kami terima pelaporanya dan sekaligus suda ada pembahasan APBK, karen semakin cepat akan semakin bagus," pungkasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga