BPKAD Kota : Penyaluran Dana Desa 2016 Rampung 100 Persen

Share it:
 Dr. Adolf Siahay, SE, M.Si, Ak.CA
Jayapura, Dharapos.com
Proses penyaluran Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2016, yang diperuntukkan bagi 14 kampung telah rampung  100 persen.

Selain Dana Desa, demikian pula halnya dengan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Basil Pajak (DBHP) dan RestribusiDaerah,yang di anggarkan bagi desa seluruhnya telah rampung 100 persen.

Demikian pernyataan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD ) Kota Jayapura Dr. Adolf Siahay, SE, M.Si, Ak.CA yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (10/01).

Diuraikan, terkait proses pencairan dana desa bagi 14 kampung di Kota Jayapura, dilakukan sebanyak dua tahapan saja.

"Dan saat ini tinggal mereka mempertanggung jawabkan untuk tahap kedua ke Pemda," sambungnya.

Siahay merincikan, total dana desa untuk tahun 2016 secara keseluruhan mencapai Rp 40 miliar, yang mana khusus untuk Dana Desa saja sebesar Rp 12, 5 Miliar dan telah transfer seluruhnya.

Kemudian, untuk ADD  Rp 12,5 miliar serta Dana Bagi Hasil Pajak dan retribusi daerah sebesar Rp. 5,78 miliar. Sedangkan ADD sebesar Rp 28, 21 miliar.

"Sehingga total semua untuk 14 kampung sebesar Rp 46,5 miliar dan telah terbagi habis," cetusnya.

Siahay mengakui jika dalam penerapannya, memang ada kampung yang punya masalah dan ada juga yang tidak, namun semua pencairan telah dilakukan dengan baik.

"Memang semua kampung punya plus minusnya,dan hal itu tentu menjadi proses pembelajaran terhadap pengelolaan keuangan yang dilakukan langsung oleh masyarakat kampung dan mereka harus terbiasa untuk kesejahteraan mereka sendiri,"akuinya.

Ini yang mesti dipegang oleh masing-masing Kepala Kampung dan Bamuskamnya sebagai wujud membangun dari pinggiran.

"Kampung harus menunjukkan perubahan ketika dana dikucurkan, dan harus ada perubahan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi kampung," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga