Di Perbatasan RI-PNG, Ada Kerangka Pohon Natal Setinggi 20 M

Share it:
Kerangka pohon Natal setinggi 20 M saat diberdirikan
Jayapura, Dharapos.com
Meski hari Natal tahun 2016 lalu telah berlalu, namun bukan berarti hal tersebut menyurutkan keinginan personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 122/Tombak Sakti untuk menyalurkan ide-ide baru yang berkaitan dengan momen tersebut.

Salah satunya, setelah sebelumnya pada akhir tahun lalu mereka mendirikan pohon Natal raksasa setinggi 12 meter dari bahan baku limbah di perbatasan, kali ini para personel TNI tersebut membuat secara permanen kerangka pohon Natal tepat di samping kanan depan pintu perbatasan yang memisahkan RI - PNG, Minggu (22/1).

Pantauan media ini, dengan menggunakan bantuan alat berat jenis exavator, anggota Satgas Pamtas Yonif 122/TS secara bersama-sama mendirikan tiang kerangka pohon natal raksasa setinggi 20 meter, lebih tinggi 8 meter dari pohon natal raksasa sebelumnya.

Tidak tanggung-tanggung pula, fondasi yang dibuat untuk memperdirikan kerangka tersebut berdiameter 2 meter dengan kedalaman hampir 2 meter.

"Kami juga ingin mempercantik pintu perbatasan RI - PNG, dengan membuat sesuatu sarana sebagai bagian dari upaya menarik minat wisatawan lokal maupun dari luar daerah," beber Mayor Inf. Sigit Sugiharto.

Kerangka pohon Natal raksasa ini dibangun secara permanen dari bahan baku logam besi, dan rencananya akan dihiasi dengan lampu hias yang gemerlap sekaligus turut menghiasi pintu perbatasan di waktu malam hari.

Di saat yang sama, Perwira Pembinaan Mental dan Rohani Satgas, Lettu Inf. Mula Siagian mengaku senang dan bangga ketika kerangka pohon Natal raksasa ini resmi tertancap dan berdiri kokoh di depan kanan pintu perbatasan RI-PNG.

Harapannya pohon ini akan menjadi salah satu ikon saat perayaan Natal dan Tahun Baru di perbatasan RI - PNG di waktu-waktu mendatang.

"Kami ingin masyarakat di Papua mengetahui dan berbondong-bondong datang ke sini untuk menyaksikan dan merayakan Natal tahun depan di sini," harap Siagian.

Kerangka pohon natal ini berdiri seiring dengan proses finishing pembangunan gedung PLBN di perbatasan yang sedianya akan diresmikan Presiden Jokowi, Februari mendatang.

"Ini sumbangan ide yang kreatif dan inovatif dari bapak-bapak TNI di perbatasan, saya sangat salut kepada mereka," demikian pujian yang disampaikan Silce, salah satu pengunjung lokal yang ditemui siang tadi.

Karena, selain menjaga pintu perbatasan dalam rangka tugas negara, mereka juga rela berpanas-panasan membangun kerangka pohon Natal di perbatasan RI-PNG.

"Saya pikir mereka ini tukang batu, eh..... nggak tahunya mereka itu bapak-bapak tentara," candanya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga