Disdik Pastikan Seluruh SMP - SMA/SMK di Kota Jayapura Laksanakan UNBK

Share it:
Kepala Disdik Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd
Jayapura, Dharapos.com
Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiayasa, S.Pd, M.MPd memastikan dalam tahun ini semua sekolah yang ada di  kota Jayapura mulai dari  jenjang SMP, SMA dan SMK melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tanpa terkecuali.

Total yang akan mengikuti UNBK sebanyak 44 sekolah yang terdiri dari  SMP, SMA dan SMK.

"Tahun ini sekolah yang ada di Kota Jayapura tidak boleh mengatakan tidak bisa melakukan UNBK  karena untuk pelaksanaannya, Pemerintah telah mengatur dan bagi sekolah yang tidak mempunyai komputer bisa bergabung ke sekolah lain yang ada komputer," terangnya usai menghadiri perayaan HUT SMA Negeri 4 Jayapura, Senin (30/1).

Menurut Wayan, pelaksanaan UNBK tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena semuanya akan dilakukan secara serentak.

Dimana untuk SMK, pelaksanaannya paling awal pada 3 April  sedangkan untuk tingkat SMA seminggu kemudian, baru disusul tingkat SMP.

"Untuk itu, anak anak yang di sekolahnya tidak memiliki komputer baik  jenjang SMA bisa bergabung di SMK begitu pun sebaliknya. Bagi anak SMP nanti akan bergabung ke SMK dan SMA," lanjutnya.
Wayan mengaku optimis tahun ini, Pemerintah Kota Jayapura mampu melaksanakan UNBK 100 persen.

Untuk itu, kesiapan dari sekarang terletak pada  sekolah yang harus menyiapkan peserta didiknya.

"Kepada para kepala sekolah dan guru agar menyiapkan  peserta didik dengan baik karena di dalam mengerjakan soal UNBK tidak boleh ada kerja sama dan tidak boleh ada soal yang bocor karena pada saat itu kita akan mengupload di server masing-masing," bebernya pula.

Wayan menambahkan, pada tahun ini ada satu penambahan yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang meliputi mata pelajaran Agama, PPKN , dan Sejarah.

Tahun ini pelaksanaan UN sebanyak tiga kali yaitu, ujian sekolah, USBN, dan UN.

"Setelah USBN, kita lakukan UN dan di lanjutkan dengan ujian sekolah, supaya nanti tidak ada indeks bahwa kita melakukan ujian sampai tiga kali. Tinggal nanti di atur di lapangan akan di jadikan dua kali ujian yakni berstandar Nasional dan ujian sekolah," tambahnya.

Terkait persiapan dinilai sudah matang, hanya tinggal dilakukan simulasi gladi kotor.

"Saya rasa tidak ada kendala lagi pada saat pelaksanaan UNBK di bulan April nanti karena semua sudah matang dan siap dijalankan saja," tandas Wayan optimis.

Lebih lanjut, jelas Wayan, pada pelaksanaan UNBK juga akan di lakukan secara Online untuk ujian paket kesetaraan.

Dan juga perlu diingat bahwa yang menjadi patokan dalam UNBK  adalah UN dan USBN adalah satu nilai yang akan ditaruh di ijazah sedangkan untuk UN sendiri diisikan pada Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).

Dan ada yang  berbeda di  tahun ini dimana untuk jenjang SMA sebanyak 4 mata pelajaran  dibandingkan pada tahun sebelumnya yang berjumlah 6 mata pelajaran.

"Yang  diujiankan nanti adalah matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan satu mata palajaran pilihan sesuai dengan jurusan masing-masing. Jadi, kita tidak main-main sekarang karena  ujian paket pun akan kita UNBK-kan," tukasnya.


(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga