Disdukcapil Kota : Surat Keterangan Pengganti e-KTP Legal

Share it:
Merlan Uloli, SE, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura Merlan S. Uloli, SE, MM menegaskan bahwa Surat Keterangan Pengganti e-KTP yang dikeluarkan pihaknya memiliki kapasitas dan legalitas yang sama dengan e-KTP.

Penegasan tersebut disampaikannya menanggapi adanya penolakan yang dilakukan sejumlah institusi perbankan terhadap warga masyarakat setempat yang hendak melakukan pengurusan dokumen menggunakan surat keterangan pengganti dimaksud.

"Perlu diketahui bahwa dikeluarkannya surat keterangan pengganti ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri RI dimana surat tersebut memiliki kapasitas dan legalitas yang sama dengan e-KTP," tegasnya saat dikonfirmasi, Kamis (26/1).

Karena itu, Merlan meminta kepada instansi baik BUMN maupun BUMD, agar dapat melayani masyarakat dalam pengurusan administrasi menggunakan surat keterangan tersebut.

"Kami berharap kepada seluruh instansi pelayanan publik, baik itu BUMN/BUMD dan juga bank yang sering kali menolak surat itu (Surat Keterangan, red). Kami sampaikan sekali lagi, bahwa surat tersebut berlaku sama dengan KTP elektronik, sehingga jika ada badan atau instani yang menolak itu sama saja mereka tidak mengindahkan aturan Kementrian Dalam Negeri RI," kecamnya.

Pasalnya, diakui Merlan, meski hal ini sudah diinformasikan sebelumnya namun begitu masih ada satu hingga dua Bank yang tetap berkeras tidak mau melayani.

"Apakah ini karena ketidaktahuan atau ketidakmengertian atau memang Bank tersebut tetap bersikeras untuk tak mau menerima surat tersebut. Ini yang kita tidak paham padahal Mendagri sudah memutuskan itu," herannya.

Untuk itu, Merlan kembali menghimbau kepada Bank  di Kota Jayapura, surat keterangan yang di bawa masyarakat sebagai pelengkap persyaratan bisa di layani dengan baik.

"Apalagi ini kan sudah ada penyampaian resmi melalui Surat Edaran Wali Kota sejak jauh-jauh hari," sambungnya.

Merlan pun mengakui jika beberapa waktu lalu ada masyarakat yang mengeluh terkait surat keterangan pengganti e-KTP yang tidak dilayani bank tertentu.

"Akhirnya kami serahkan SE Mendagri dan SE Wali Kota sehingga pengurusan tersebut bisa dilakukan," lanjutnya.

Wanita asal Gorontalo ini juga berharap adanya kerja sama antara Bank dengan Pemerintah setempat sebagai bawahan dari Kemendagri RI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang belum memiliki e-KTP agar segera mengurus surat pengganti e-KTP dimaksud.

Ditambahkannya, hingga saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura telah menerbitkan 5471 lembar Surat Keterangan pengganti e-KTP.

"Selama kekosongan blangko (e- KTP) ini kami telah mencetak surat keterangan sebanyak 5471 lembar di semua distrik di Kota Jayapura," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga