Jelang UN 2017, SMAN 4 Jayapura Belum Terima POS

Share it:
Kepsek SMAN 4 Jayapura, Laban Sembiring, M.Pd
Jayapura, Dharapos.com
Kepala SMA Negeri 4 Jayapura, Laban Sembiring, M.Pd mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di tiap satuan pendidikan merupakan agenda tetap tahunan.

Namun diakuinya, hingga saat ini Prosedur Operasi Standar (POS) untuk pelaksanaan UN di SMAN 4, belum diterima pihaknya.

"Tetapi dengan adanya informasi yang telah mendahului, akan kami jadikan sebagai kebijakan di tingkat sekolah khusus SMA Negeri 4 Jayapura," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (16/1).

Hal ini terkait mata pelajaran yang di-UN-kan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris dan wajib masuk agenda UN berbasis komputer. Juga penambahan satu mata pelajaran pilihan berdasarkan
jurusan.

"Jika IPA maka harus memilih Fisika, Biologi dan Kimia sedangkan untuk IPS bisa memilih Sosiologi, Ekonomi dan Geografi," rinci Sembiring.

Untuk pilihan ini lanjut dia, sifatnya demokratis karena jika peserta didik merasa kemampuannya dalam mengikuti UN Fisika agak lemah, maka masih diberi kesempatan untuk bisa memilih dua bidang studi lainnya.

Meski untuk persiapan UN SMAN 4 sudah siap, namun diakui Sembiring, UN ini hanyalah  sebagai perantara saja.

"Sebab target kami adalah mempersiapkan anak-anak agar bisa mendapat satu porsi di perguruan tinggi favorit yang mereka inginkan," akuinya.

Sembiring juga mengaku optimis target 75 persen peserta didik asal SMAN 4 bakal diterima di PT favorit yang di inginkan.

"Karena selama di jenjang SMA peserta didik disiapkan untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sesuai dengan keinginan mereka dan bukan dipersiapkan untuk masuk dunia kerja. Dengan demikian tujuan kami di SMA 4 sudah bisa tercapai," tandasnya.

Lebih lanjut di jelaskan Sembiring, salah satu langkah untuk memenuhi target dimaksud dengan melaksanakan program bimbingan belajar, dimana materi yang diterapkan atau kembali diajarkan adalah materi kelas X, XI dan XII.

"Tentunya untuk persiapan UN, dan target kami agar peserta didik mendapat nilai baik sehingga memenuhi target 75 persen untuk masuk perguruan tinggi yang menjadi favorit," jelasnya.

Sementara soal kelulusan di jenjang satuan pendidikan, sambung Sembiring, yang menentukan adalah sekolah sehingga pihaknya berharap anak-anak SMAN 4 bisa siap lebih awal dan bersaing dengan SMA lain di luar Papua.

"Karena jika mereka ingin masuk ke UI atau UGM, tentu kompetitornya bukan saja dari Kota Jayapura saja akan tetapi juga datang dari provinsi lain," sambungnya.

Ditambahkan, mulai tahun 2017, peserta UN nantinya akan melakukan 3 kali UN yakni Ujian Nasional, UN Sekolah dan USBN.

Terkait tahapan penyelenggaraan, pihaknya akan menunggu POS UN, karena yang diketahuinya, akan ada UN Berbasis Komputer bahkan tanggal pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMA yakni tanggal 10 - 14 April.

"Sedangkan untuk USBS, kami masih menunggu POS, karena kami mengetahui bahwa saat ada Ujian Sekolah maka kami juga menunggu POS tahapan itu," pungkasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga