Kadisdukcapil Kota : Menyandang Predikat ISO Tidaklah Mudah

Share it:
Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli
Jayapura, Dharapos.com
Keberhasilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura meraih ISO 9001 - 2001 pada  2015 lalu sebagai penegasan terhadap kualitas standar pelayanan publik di instansi tersebut.

Meski demikian, diakui Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli, penerapan pelayanan bersertifikasi ISO tidaklah mudah.

"Menyandang predikat ISO itu tidaklah mudah! Karena jangan hanya kita meraih ISO sedangkan pelaksanaannya kita abaikan ataupun dilakukan sesuka hati kita," akuinya.

Semuanya harus konsisten, guna melakukan perbaikan-perbaikan sehingga kesulitan yang membuat masyarakat mengeluh atau dalam kelompok masyarakat merasa terlalu lama harus segera di atasi.

"ISO tersebut berlaku 3 tahun dan setiap tahun ada audit internal, sehingga untuk itu kami berharap di 2019 bisa mendapatkan sertifikasi ISO," terang Merlan.

Tujuan sertifikasi ini adalah bagaimana pihaknya bisa menjadi pelayan yang baik sesuai dengan standar yang diamanatkan dalam ISO 2001 -2008.

"Kami optimis akan menerima itu, selama saya masih memegang kendali di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini," cetusnya.

Ditegaskan pula, dalam melakukan pelayanan harus ada kesungguhan hati, karena disadari bahwa
Pemerintahan saat ini lebih mengedepankan pelayanan publik sehingga ada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dimaksud.

"Walaupun kita berada di daerah terpencil namun ketika kita punya semangat dan konsistensi serta komitmen yang tinggi guna mensukseskan Nawacita Presiden RI dimanapun itu, maka dalam melakukan pelayanan tidak akan ada halangan. Semua tergantung kepada individu masing-masing," tegas Merlan.

Pihaknya akan terus berupaya agar setiap saat staf terus mendapat pendampingan. Sehingga begitu Disdukcapil Kota mendapat ISO dan Reward maka seluruh staf otomatis termotivasi.

"Dalam melakukan pelayanan, mereka tidak lagi memandang waktu bahkan jam yang seharusnya mereka harus pulang. Mereka pun tetap melakukan aktivitas sampai selesai agar tidak menyisakan pekerjaan hingga keesokan harinya karena di hari esok mereka harus berhadapan dengan pekerjaan baru," tandas Merlan.

Para staf telah konsisten terhadap janjinya untuk melakukan pelayanan berstandar ISO.

"Karena itu, kita juga konsisten pada SOP yang sudah ditetapkan dan jika dalam perjalanan ada yang tidak sesuai maka narasumber datang dan kita akan perbaiki lagi," sambungnya.

Untuk itu, Merlan berharap agar apa yang dilaksanakan Disdukcapil Kota Jayapura juga dihargai masyarakat dalam arti saat hendak melakukan pengurusan dokumen maka harus datang dengan persyaratannya yang lengkap.

"Sehingga tidak ada anggapan masyarakat bahwa di bawah Disdukcapil Kota Jayapura dalam melakukan pelayanan publik berlaku pilih kasih," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga