Kota Jayapura Kini Miliki Kapal Pesiar

Share it:
Kapal pesiar milik Pemkot  yang baru saja didatangkan ke Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com 
Masyarakat Port Numbay harus berbangga hati, karena kini telah hadir satu unit kapal pesiar yang didatangkan Pemerintah Kota Jayapura.

Kapal "Youtefa" yang bakal dikelola Dinas Perhubungan Kota Jayapura ini memang sudah diprogramkan oleh mantan Wali Kota periode 2011 - 2016, DR. Benhur Tomi Mano, MM, dua tahun sebelum dirinya meletakkan jabatan.

Ide ini berawal saat mantan orang nomor satu di Kota Jayapura ini melihat warga masyarakat setiap harinya hanya menghabiskan waktu di Pantai Dok II untuk menatap laut dengan pandangan yang tidak pasti.

Sehingga hal tersebut kemudian menjadi inspirasi bagi pria yang akrab disapa BTM ini, memprogramkan pengadaan kapal demi memaksimalkan pelayanan di bidang pariwisata bagi kepentingan masyarakat untuk berwisata di seputaran perairan Jayapura hingga ke Teluk Youtefa.

Dan apa yang menjadi janji Pemkot saat itu, kini telah terealisasi dan siap dinikmati masyarakat di ibukota provinsi di ujung timur Indonesia ini.

Terkait dengan itu, bertempat di depan Terminal Mesran, Rabu(11/1), kapal pesiar berkapasitas 150 penumpang ini diresmikan oleh Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM yang di tandai dengan pemotongan buah kelapa.

Membelah buah kelapa menandai peresmian kapal pesiar oleh Penjabat Daniel Pahabol, S.Pd, MM 
Turut mendampingi Sekretaris Daerah Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM, Kadis Perhubungan kota Jayapura, Elby Uneputty, Amd.Trans dan sejumlah pimpinan SKPD.

Penjabat dalam sambutannya mengatakan, sebagai kota sedang yang mengandalkan sektor jasa dan perdagangan, salah satu potensi yang bisa dimaksimalkan untuk memperoleh pemasukan bagi daerah adalah sektor kunjungan wisatawan.

"Dan pengadaan kapal oleh Pemerintah kota menjadi salah satu sarana untuk melayani masyarakat yang hendak melakukan tur wisata ke  kampung-kampung di sekitar perairan Kota Jayapura," urainya.

Guna memaksimalkannya, Pejabat meminta agar perawatan kapal harus benar-benar diperhatikan dalam hal ini, ada bagian yang bisa dipercaya menangani kapal secara khusus sehingga apapun permasalahan yang terjadi secara teknis bisa tertangani dengan baik.

Penjabat pun memastikan, nantinya Pemkot akan bekerja sama dengan pihak ketiga dalam menangani perawatan dan segala hal yang berkaitan dengan kepentingan kapal pesiar tersebut.

"Pemerintah tidak mungkin maksimal mengurusinya tapi kita akan memakai mitra kerja agar mereka dapat bertanggung jawab atas kapal ini. Tentu dalam rangka tur wisata masyarakat ke kampung-kampung dan pulau-pulau yang ada di Teluk Humboldt dan Teluk Youtefa," cetusnya.
Pada saat peremian kapal pesiar, Sekda Kota Jayapura juga turut membelah kelapa

Atas nama Pemkot, Penjabat juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kadis Perhubungan setempat yang telah mengurus segala sesuatunya sehingga kapal pesiar ini bisa tiba dengan selamat di Kota Jayapura.

Ia juga mengaku bangga atas kehadiran kapal pesiar di tengah-tengah masyarakat di kota ini guna memenuhi kepentingan masyarakat yang berkeinginan melakukan wisata laut.

Penjabat tetap mendorong pihak Dishub Kota untuk berkoordinasi serta bekerja sama dengan PT. Pelni atau pihak lainnya agar semua yang sudah diprogramkan dapat terlaksana dengan baik.

"Pelabuhan-pelabuhan yang bakal disinggahi juga harus segera di benahi agar kapal pesiar tersebut bisa bersandar dengan baik dan masyarakat juga bisa turun naik kapal dengan nyaman," tukasnya.

Kepala Dishub Kota Jayapura, Elby Umneputti, Amd. Trans dalam laporannya mengatakan tujuan dari pengadaan kapal ini adalah untuk mendukung dan meningkatkan serta menghidupkan potensi wisata dan kuliner yang ada di Port Numbay.

"Dengan tujuan untuk menjamin mobilitas masyarakat untuk berwisata ke pulau-pulau yang ada di sekitar Teluk Humbold dan Teluk Youtefa dengan menyediakan sarana dan transportasi wisata yang memadai," jelasnya.

Pengadaan kapal tersebut dengan sumber dana DAK Dishub Kota Jayapura sebesar Rp 5.3 Miliar.

Peresmian kapal wisata tersebut ditandai dengan pemotongan Kelapa muda oleh Penjabat dan Sekda Kota Jayapura dan selanjutnya dilakukan penyiraman kapal oleh para Ondoafi.

Turut disaksikan ratusan masyarakat kota Jayapura serta para kepala SKPD di lingkup Pemkot Jayapura, perwakilan dunia perhotelan dan perbankan.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga