KPU Cetak Surat Suara Pilkada Kota Jayapura di Makasar

Share it:
Ketua KPU Kota Jayapura, Jeremias Numberi
Jayapura, Dharapos.com
Pasca penetapan calon tunggal pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Jayapura, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat langsung melakukan berbagai persiapan.

Diantara, terkait pencetakan surat suara, sosialisasi dan debat kandidat yang sebelumnya tertunda karena menunggu selesainya proses hukum di PTUN dan Mahkamah Agung RI.

"Salah satu Komisioner KPU Divisi Logistik saat ini berada di Makasar untuk persiapan pencetakan surat suara. Kami telah mendesain surat suara untuk segera dicetak termasuk juga sosialisasi serta pembuatan materi debat kandidat," ungkap Ketua KPU Kota Jayapura, Jeremias Numberi kepada wartawan, usai menggelar rapat dengan Muspida Kota, Senin (16/1).

Dijelaskannya, pada awalnya yang akan bertarung di Pilkada sebanyak dua calon sampai kemudian berubah menjadi 1 paslon sehingga pihaknya perlu mencari konsep untuk langkah sosialisasi kepada masyarakat kota Jayapura

Numberi juga merincikan desain surat suara yang akan dicetak apabila calon tunggal maka gambar paslon disebelahnya adalah gambar kosong.

Hingga nantinya masyarakat mempunyai hak untuk memilih yang ada gambar ataupun yang tidak ada gambar.

"Tentu dengan keabsahan perhitungan adalah 50 persen + 1 dari suara sah," rincinya.

Surat suara yang dicetak sebanyak 108 ribu sesuai dengan DPT yang telah ditetapkan dan ia menargetkan, dalam Januari ini akan dilakukan pelipatan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kelompok lain agar tidak mempengaruhi masyarakat, Numberi mengakui telah jauh-jauh hari melakukan antisipasi itu bersama pihak Polres dan Kodim 1701/Jayapura.

Ia juga meminta Pemerintah daerah untuk turut menghimbau dan mengajak masyarakat yang telah terdaftar untuk menggunakan haknya sebagai memilih agar datang dan menyalurkan hak suaranya.

Terkait dengan debat kandidat akan ada perubahan model karena bukan lagi dua calon tetapi namun hanya satu calon sehingga bentuknya Talk Show.

"Nantinya KPU akan memanggil tim pasangan BTM - HARUS untuk membicarakan persiapan tersebut," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga