Legislator Nilai Keputusan KPU Kota Soal Calon Tunggal Sangat Janggal

Share it:
Ketua Komisi I DPR Papua, Elvis Tabuni, SH
Jayapura, Dharapos.com
Ketua Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan, Hukum dan HAM, Elvis Tabuni, SH menilai keputusan KPU Kota Jayapura menetapkan satu pasangan calon kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Jayapura 2017 itu sangat janggal.

Ia mengklaim bahwa keputusan tersebut tidak sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Kalaupun hanya ada satu calon tunggal, lebih baik dua-duanya di tunda saja, sampai tahap ke III Tahun 2018, kemudian di daftar ulang lagi," tegas Tabuni kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (16/1).

Ditegaskannya, mengingat tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota sudah dekat maka Tabuni kembali menyarankan agar keputusan KPU Kota Jayapura menetapkan calon tunggal di batalkan.

"Karena kalau tidak di batalkan, maka pihak KPU bakal memicu terjadinya masalah kriminalitas yang dikuatirkan akan terjadi di Kota Jayapura," tegasnya.

Lebih lanjut, Tabuni menambahkan KPU harus mengkroscek kembali para pimpinan partai politik, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun ditingkat cabang.

Sebab menurutnya, jika melihat dari akar persoalan yang terjadi, indikasi rekomendasi keluar karena adanya permainan uang sangat kuat.

Oleh karena itu, Tabuni pun mendorong agar pihak KPU RI untuk perlu menindaklanjutinya dengan segara melakukan penyelidikan guna mengungkap indikasi tersebut.

"Perlu saya tegaskan bahwa partai didirikan untuk membangun negara ini. Melaluinya, kita membangun politik yang sehat dan bukan malah sebaliknya mempergunakan partai untuk bisnis semata," tukasnya.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga