Pembentukan OPD Baru Tak Pengaruhi APBD Lanny Jaya

Share it:
Sekda Kabupaten Lanny Jaya, Shristian Sohilait, MT, M.Si
Jayapura, Dharapos.com 
Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, MT, M.Si memastikan bahwa penambahan 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru tidak akan mempengaruhi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat.

"Pelantikan dan pengukuhan ini tidak akan berpengaruh kepada APBD Lanny Jaya karena telah dilakukan penyerahan DPA. karena Penjabat Bupati telah memberikan nota dinas kepada beberapa pejabat yang akan dilantik sehingga tidak mengganggu APBD Pemkab Lanny Jaya," terangnya kepada Dharapos.com, di Jayapura, Sabtu (21/1).

Ke 4 SKPD baru masing-masing Dinas Penanaman Modal, Informasi  dan Komunikasi, Pertanian dan Perikanan serta Dinas Koperasi dan UKM.

Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016.

Lebih lanjut jelas Sohilait, nilai APBD Lanny Jaya untuk Tahun Anggaran 2017 adalah sebesar Rp 1.2 triliun.

Nilai tersebut mengalami penurunan sekitar Rp 300 miliar dari besaran APBD tahun lalu yang berimbas dari adanya kebijakan Pemerintah pusat melakukan pemangkasan anggaran secara nasional.

Dijelaskan Sohilait, dari nilai sebesar Rp 1,2 Triliun tersebut, fokus pertama Pemkab Lanny Jaya yaitu menyukseskan Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) setempat yang akan berlangsung pada 15 Februari mendatang.

Ia merincikan, anggaran yang di gunakan khusus untuk KPU Lanny Jaya sebesar Rp 65 Miliar, Panwas Rp 23 Miliar, keamanan Rp 13 Miliar, keamanan umum Rp 10 Miliar dan Desk Pilkada Rp 2 milyar.

"Selain itu juga disiapkan untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta restrukturisasi. Untuk itu akan dilakukan pembenahan karena fokus pada pada Pilkada, maka kegiatan fisik Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya sedikit berkurang," rincinya.

Ditambahkan Sohilait, dari presentasi yang ada dibagi 60 persen untuk belanja publik dan 40 persen untuk belanja aparatur karena ada penambahan SKPD.

Fokus anggaran tersebut tetap mengacu kepada program prioritas sesuai RPJM Pemkab Lanny Jaya yakni bidang kesehatan, pendidikan juga infrastruktur dimana masih ada 2 distrik yang akses jalan belum tembus sehingga ditargetkan tahun ini semua wilayah di Lanny Jaya sudah terhubung.

Sohilait juga mengharapkan Pemilukada dapat berjalan dengan aman dan lancar sehingga berdampak pada program pembangunan yang berlangsung dengan baik sesuai tema pembangunan Pemkab Lanny Jaya Tahun 2017 yaitu "Kemenangan Dalam Damai".

"Artinya, Pilkada harus aman, tenang, damai dan pembangunan tetap berjalan," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga