Pemkab Lanny Jaya Tutup 4 SKPD Tipe D

Share it:
Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait, MT, M.Si
Jayapura, Dharapos.com 
Sebanyak 4 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya yang bertipe D dinyatakan ditutup.

Penutupan tersebut sesuai hasil verifikasi Pemkab Lanny Jaya bersama masing-masing lembaga di Kementrian Dalam Negeri RI sekaligus Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai Peraturan pemerintah nomor 18 Tahun 2016.

Ke 4 SKPD tersebut masing-masing Dinas Pertambangan, Perikanan dan Dinas Kehutanan serta Kesbangpol.

Meski ditutup, namun karena kebutuhan maka dibentuk pula  4 SKPD baru masing-masing Dinas Penanaman Modal, Informasi  dan Komunikasi, Pertanian dan Perikanan serta Dinas Koperasi dan UKM.

Demikian di sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, MT, M.Si kepada Dharapos.com di Jayapura, Sabtu (21/1).

"Untuk Kantor Satuan Polisi Pamong Praja kini berubah menjadi Unit Satuan Polisi Pamong Praja sedangkan Kesbangpol menjadi bagian pada Sekertariat Daerah," rincinya.

Saat ini, lanjut Sohilait, tim Pemda Lanny Jaya sementara berada di Jakarta guna melakukan koordinasi terkait pelantikan dan pengukuhan OPD  baru tersebut.

"Karena penjabat Bupati Lanny Jaya tidak bisa melakukan pelantikan terhadap OPD baru, jika tidak ada rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri RI," lanjutnya.

Terkait itu, sambung Sohilait, pihak Kemendagri meminta Pemkab Lanny Jaya untuk melengkapi beberapa persyaratan terkait mana yang dikukuhkan, dilantik dan  mana yang job set apabila dilakukan proses pelantikan yaitu terhadap SKPD yang baru.

Sementara untuk pengukuhan seperti penambahan OPD baru maka Sekretariat Daerah Kabupaten Lanny Jaya juga akan dikukuhkan karena ada penambahan eselon III dan IV.

Sedangkan untuk Job set adalah rotasi yang sejajar seperti pejabat eselon III yang dulunya di Dinas kehutanan, namun karena dinas tersebut tutup maka di pindahkan ke tempat di mana ada eselon III yang kosong.

"Total penjabat eselon II,III dan IV  dan distrik pada Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya yang akan dilantik dan dikukuhkan sebanyak 810 jabatan," rincinya.

Untuk pelantikan, hanya ada 4 SKPD sedangkan sisanya akan dilakukan pengukuhan yaitu dari 27 SKPD yang ada dan ditambah 39 distrik.

"Dari 39 distrik, ada 2 yang tipe B dan sisanya adalah tipe C artinya ada yang kepala seksi 5 ada juga yang kepala seksi 4," kembali sambungnya.

Untuk itu dalam waktu satu dua hari ke depan jika, tim yang melakukan koordinasi di Kemendagri RI sudah final maka secepatnya akan dilakukan pelantikan dan pengukuhan oleh Penjabat Bupati.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga