Penjabat Launching Sekolah Ramah Anak di Kota Jayapura

Share it:
Launching SRA oleh penjabat Wali Kota ditandai dengan penyerahan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota
Jayapura dan penyerahan buku panduan
Jayapura, Dharapos.com 
Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM melakukan launching Sekolah Ramah Anak (SRA) jenjang SD, SMP, SMA/SMK Menuju Kota Layak Anak yang berlangsung di Sekolah Papua National Plus School, Kompleks PTC Entrop, Rabu (18/1)

Penjabat dalam sambutannya mengatakan SRA merupakan sekolah yang aman, bersih, sejuk, inklusif bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan laki laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan layanan khusus.

"Tentu untuk mewujudkan sekolah ramah anak ini perlu didukung oleh berbagai pihak yakni, keluarga dan masyarakat yang merupakan pusat pendidikan terdekat mereka," ungkapnya.

Lanjutnya, sekolah bukanlah merupakan dunia yang terpisah dari realitas keseharian anak dalam keluarga karena pencapaian cita-cita seorang anak tidak dapat terpisah dari realitas keseharian.

Dan untuk menyiasati hal tersebut, sekolah dapat menyerahkan jam khusus di luar dari waktu belajar yang berisi sharing antara anak maupun antara guru.

"Sekolah layak anak harus bisa menjadikan anak-anak merasa aman, tenteram, di bawah binaan orang tua melalui pendidikan informal dan non formal. Dimana orang tua dan sekolah harus mampu membina anak dari pengaruh-pengaruh negatif," jelas Penjabat

Ia pun mengharapkan agar kondisi SRA, tidak ada tindak kekerasan kepada anak.

Anak-anak di sekitar juga lanjut Penjabat, banyak yang tidak mengikuti pendidikan dan jumlahnya tidak sedikit.

Untuk itu, ia pun mendorong agar masyarakat kota yang memiliki anak namun tidak bersekolah agar wajib menyekolahkan buah hatinya.

"Karena apa artinya orang tua yang hidup dengan gaji yang banyak dan hidup serba ada, sementara anaknya tidak mengenyam pendidikan, maka sangatlah rugi," sambungnya.

Para guru juga nantinya dapat mendidik anak-anak dengan keterampilan, sikap dan profesional guna merubah tingkah laku anak-anak yang tidak bisa menjadi bisa.

"Karena itu, sekolah ramah anak sangat perlu untuk ditingkatkan," tukasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd merincikan sekitar 60 sekolah dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, telah dilaunching sebagai sekolah model ramah anak.

"Sekolah ini sudah terintegrasi dengan sekolah Adiwiyata dan juga sudah  terintegrasi pada Kurikulum 2013 sehingga sekolah model ini sudah melaksanakan K13 dan masuk pada 8 Standar Nasional Pendidikan," rincinya.

Inti dari SRA, lanjut Kadis, adalah stop kekerasan dan intimidasi.

"Ke 60 sekolah ini nanti akan menjadikan semua sekolah yang ada di sekitarnya menjadi sekolah yang sama visi," cetusnya.

Dirincikan juga, sekolah rujukan model SRA yakni untuk jenjang PAUD sebanyak 5 sekolah, SD (26), SMP (13), SMA (6)  dan SMK sebanyak 9 sekolah.

Launching SRA oleh penjabat Wali Kota ditandai dengan penyerahan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura dan penyerahan buku panduan.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga