Penjabat Wali Kota Resmikan Sejumlah Proyek di 2 Kampung

Share it:
Penjabat Wali Kota saat meresmikan jerambah kampung Tobati ditandai dengan pengguntingan pita
Jayapura, Dharapos.com 
Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM meresmikan jerambah, para-para adat sertasejumlah proyek yangbersumber dari Dana Desa di kampung Enggros dan Tobati, Selasa (10/1).

Untuk tahun anggaran 2016, pendapatan kampung di Kota Jayapura bersumber dari dana APBN yakni Dana Desa sebesar Rp 12.514 .176.000,-

Kemudian Dana Perimbangan yang di terimah (ADD) Rp 29.994.096.000,- Dana bagian dari hasil pajak daerah dan retribusi daerah kota (ABHP) Rp 5.783.620.741 yang kesemuanya merupakan anggaran pemkottahun 2016.

Sedangkan untuk jerambah, para-para adat untuk Kampung Tobati alokasi anggaran berasal dari dana desa sebesar Rp 628.662.000, dana ADD Rp 1.450.005.401 dan dana ABHP Rp 279.601.200, sehingga total dana yang di peruntukan sebesar Rp 2.358.268.701,-

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan kelembagaan bagi Pos Yandu, PKK, anak sekolah dan Karang Taruna.

Peresmian ini dilaksanakan guna mewujudkan transparansi pengelolaandana kampung.

Penjabat dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari pembangunan fisik ini sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di wilayah Kampung Enggros dan Tobati.

Yang mana diperlukan sarana dan prasarana pendukung yang memadai dan parmanen seperti pembangunan para-para adat dan rumah layak huni di Kampung Enggros yang diresmikan.

Untuk itu, Penjabat berharap agar masyarakat kampung bisa mendapatkan ruang yang luas untuk bekerja, sehingga mampu mengakomodir semua perangkat kampung.

Terkait itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar semua sarana fisik yang di bangun hendaknya di gunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kelancaran kegiatan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat kampung.

Penjabat saat menyerahkan bantuan kelembagaan di Kampung Tobati
"Kami datang guna melihat suatu karya yang dikerjakan oleh seorang wakil pemerintah, yang tentunya ada kemajuan pembangunan yang terjadi di kampung Tobati dan Enggros.

Penjabat juga pada kesempatan tersebut mengaku senang dengan kondisi alam yang sangat luar biasa.

Ia memberi apresiasi atas  pengelolaan anggaran desa yang dilakukan dengan baik dimana dilakukan dengan rapi dan teratur oleh kepala kampung.

"Saya harap seluruh kepala kampung membuat satu karya yang bermanfaat bagi masyarakatnya dengan sudah mengetahui penyaluran dana tersebut karena ada kerja sama yang baik antara aparat kampung, sekertaris kampung dan Bamuskam," urainya.

Keberhasilan ini juga karena ada fungsi kontrol yang baik dari semua pemangku kepentingan sehingga penggunaan anggaran bisa dikelola dengan baik.

"Intinya, Pemerintah bekerja dengan tujuan untuk menigkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Jayapura. Artinya dana tersebut milik masyarakat sehingga kepentingan mereka harus terpenuhi," tandasnya.

Ditambahkan, diharapkan pada 2018 nanti ada peningkatan dana bagi kampung-kampung melalui kebijakan prioritas dari Pemerintah pusat.

"Kepala kampung juga ada usaha untuk membangun kampung walau didalam keterbatasan dana yang namun pembangunan jembatan bisa selesai," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga