Persingkat Waktu Layanan, Disdukcapil Kota Terapkan Program SSJ

Share it:
Merlan Uloli, SE, MM
Jayapura, Dharapos.com
Di tahun 2017 ini, Pemerintah Kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil). Kota Jayapura tampil dengan  terobosan baru yang dinamakan program Salam Satu Jam (SSJ).

Penerapan program tersebut guna mempersingkat waktu dalam pelayanan publik.

"Ini kita punya program baru yaitu Salam Satu Jam," ungkap Kepala Disdukcapil setempat, Merlan Uloli, SE, MM yang dikonfirmasi, Jumat (20/1).

Dalam pelayanan dengan inovasi SSJ ini, nantinya masyarakat yang mengurus akte dan kartu Keluarga (KK) hanya butuh waktu satu jam tanpa harus menunggu satu hingga dua hari.

"Kalau kemarin pelayanan pembuatan kartu keluarga dan pengurusan akte butuh waktu satu sampai tiga hari semuanya akan selesai dalam satu jam melalui program baru ini," cetusnya.

Program SSJ ini bertujuan agar masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukan tidak perlu menunggu berlama-lama. Bahkan tidak perlu kembali di esok harinya sehingga menyita waktu mereka.

"Dengan inovasi baru yang terus kami lakukan hingga akhirnya melahirkan satu program baru dengan demikian masyarakat bisa lebih cepat dan singkat dalam mengurus dokumen kependudukannya," jamin Merlan.

Namun, masyarakat juga diharapkan masyarakat melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan dalam mengurus dokumen kependudukan dimaksud.

Untuk menerobos program baru ini, Merlan juga menambahkan bahwa terkait SDM Disdukcapil Kota tidak diragukan lagi.

"Artinya adalah bagaimana caranya untuk melakukan pelayanan yang terbaik maka sistem harus di rubah sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP, red) sehingga mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat," tukasnya.

Selain KK, akte kelahiran dan KTP, masyarakat yang baru selesai menikah pun bisa langsung mengantongi Akta Nikah dan dibawa pulang saat itu juga.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga