Ribuan Paket Bantuan Kemendikbud RI Bakal Disalurkan ke SMA/SMK

Share it:
Penandatanganan prasasti oleh Kadis Pendidikan Kota, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd 
Jayapura, Dharapos.com 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd mengakui ada ribuan paket bantuan dari Pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yang akan diberikan kepada sekolah terutama pada  jenjang SMA maupun SMK.

“Dan di tahun 2017 ini, Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas pendidikan telah mengajukan proposal dari sekolah - sekolah yang ada disini,” akuinya, saat menghadiri acara pisah sambut dan peresmian satu unit Laboratorium Komputer SMA Mandala Trikora Jayapura, Jumat(27/1).

SMA Mandala Trikora diharapkan juga telah mengajukan usulan bantuan pembangunan satu unit gedung perpustakaan.

Saat ini Pemkot, lanjut Wayan, sedang memperluas akses untuk bidang pendidikan.

“Ada dua program unggulan untuk pendidikan yaitu perluasan akses dan peningkatan mutu karena jika aksesnya sudah bagus maka tentu berbanding lurus dengan peningkatan mutu,” lanjut dia.

Perluasan akses tersebut misalnya pada sarana prasarana berupa penyiapan gedung, serta isinya seperti meja, kursi hingga komputer dan peralatan lainnya.

Dan dibutuhkan kerja samanya untuk perawatannya baik oleh pihak sekolah terlebih khusus para peserta didik.

"Yang terutama, tidak boleh membuat corat-coretan pada dinding gedung sekolah. Karena ketika dinding gedung sekolah kotor maka akan membuat kita sendiri tidak nyaman dalam mengikuti proses belajar-mengajar,” imbuhnya.

Karena itu, Wayan meminta pihak sekolah agar menjaga dan merawat gedung laboratorium komputer yang baru diresmikan tersebut begitu juga kepada gedung-gedung kelas lainnya.

Ditambahkannya, Pemerintah juga memiliki 1 kebijakan yang dinamakan program sekolah rujukan dimana untuk semua sekolah yang berada di depan jalan akan dibangun megah dan mewah.

Program tersebut dimaksudkan agar para peserta didik maupun juga tenaga pendidik betah untuk melaksanakan proses belajar mengajar di dalam sekolah tersebut.

Pengguntingan pita oleh Ketua Yayasan Mandala  Trikora yang di wakili Mayor Kav. Didi Carsidi, S.Sos
"Dan ini bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang ada di kabupaten lain untuk melihat atau melaksanakan Benchmarking di kota Jayapura khusus di sekolah rujukan dimaksud," tukasnya.

Di saat yang sama, Ketua Yayasan Mandala  Trikora yang di wakili Mayor Kav. Didi Carsidi, S.Sos selaku Staf Pers (Binpers) menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas perhatian dan upaya Dinas Pendidikan meningkatkan SDM.

"Dan diharapkan ke depan akan terus di tingkatkan sehingga melalui berbgai fasilitas yang disediakan dapat semakin meningkatkan mutu dan kualitas siswa," harapnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMA Mandala Trikora Ferdinand Assa, S.Si, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan, pembangunan ruang laboratorium komputer merupakan bantuan Pemerintah pusat melalui dana APBN tahun 2016.

Pembangunan laboratorium komputer yang pekerjaannya telah mencapai 100 persen tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 294.650.000 dengan tampilan yang megah dan berlantai 4 ini telah dikerjakan seefektif mungkin menggunakan dana yang ada.

Lab komputer ini juga dilengkapi 40 unit komputer dengan spesifikasi Core 2 untuk digunakan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesuai program SMA Mandala Trikora di tahun 2017.

Dijelaskan pula pada 2016 lalu, SMA Mandala Trikora juga mendapat bantuan tiga program langsung dari Kemendiknas RI yaitu SMA model kewirausahaan, kemudian program Indonesia Pintar dimana sebanyak 115 siswa mendapat bantuan melalui formasi Kartu Indonesia Pintar.

Sedangkan para siswa yang tidak mendapat formasi Kartu Indonesia Pintar telah diusulkan melalui Dapodik dan diterima oleh Kementrian dan mendapat bantuan sebanyak 393 siswa.

Bantuan yang dikucurkan Pemerintah pusat lewat Kementerian Pendidikan ini guna meringankan biaya sekolah siswa walaupun tidak diserahkan tunai kepada para peserta didik.

Peninjauan ruangan laboratorium komputer yang baru diresmikan 
"Kami dari pihak sekolah menyampaikan kepada para orang tua bahwa dana tersebut digunakan untuk kebutuhan sekolah siswa baik itu untuk membayar SPP maupun perangkat penunjang pembelajaran," rincinya.

Ditambahkan, lab tersebut bukan saja digunakan pada saat pelaksanaan UNBK namun telah diprogramkan untuk pelatihan komputer dan sementara dilaksanakan bagi peserta didik kelas 12 yang juga peserta UNBK.

"SMA Mandala Trikora bekerja sama dengan lembaga khusus komputer yaitu sentra komputer sehingga saat anak-anak tersebut lulus maka mereka juga turut mengantongi sertifikat komputer," tambahnya.

Program ini, kata Ferdinand, akan terus berlanjut untuk kelas 11 dan ke bawahnya dan terutama bagi peserta UNBK.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak yayasan karena telah turut mendukung program-program yang dilaksanakan di sekolah.

Ferdinand pada kesempatan tersebut mendorong program-program dari Kodam yang dapat diintegrasikan ke dalam program pendidikan yang ada di SMA Mandala Trikora, karena siswa-siswi mempunyai bakat minat dan kemampuan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Memang SMA Trikora Mandala adalah milik Kodam VII/Cendrawasih sehingga kami dari pihak sekolah sangat mengharapkan untuk para siswa juga diikutsertakan pada setiap kegiatan," tukasnya.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kadis Pendidikan Kota Jayapura serta pengguntingan pita oleh Ketua Yayasan Mandala  Trikora yang di wakili Mayor Kav. Didi Carsidi, S.Sos selaku Staf Pers (Binpers).

Bersamaan dengan Itu keluarga besar SMA kekurangan darah juga merayakan acara pisah tahun 2016 sambut tahun 2016 dan memasuki tahun 2017

Turut hadir pihak Yayasan Mandala Trikora yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Djemi Watunwotuk, para guru, tata usaha dan siswa -siswi SMA Mandala Trikora.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga