Satgas Pamtas 122/TS Gelar Patroli Rutin di Perbatasan RI-PNG

Share it:
Pengecekan patok perbatasan RI - PNG yang dilakukan patroli Satgas Pamtas Yonif 122/TS 
Jayapura, Dharapos.com
Dansatgas Yonif 122/TS Mayor Inf Sigit Sugiharto terjun langsung memimpin anggotanya untuk melaksanakan patroli mengecek keberadaan patok di perbatasan RI-PNG, Rabu (18/1).

Kondisi medan yang sulit dan masih tertutup dengan lebatnya hutan belantara Papua tidak menyurutkan para penjaga perbatasan ini untuk melakukan patroli rutin di tapal batas RI-PNG.

"Kondisi medan yang kami hadapi benar-benar membutuhkan fisik yang prima, di samping masih tertutup dengan lebatnya hutan, struktur tanah yang dilalui hampir 80 persen berupa bebatuan karang terjal dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat," bebernya.

Sejauh ini pihaknya tidak mengalami kendala sedikit pun mengenai fisik para anggota, karena mereka telah diwajibkan membina fisik setiap saat dalam rangka menunjang tugas pokok," tandasnya lagi.

Sementara itu, Kapten Inf Jeham Difif Witanto dan Lettu Inf Aris yang turut mendampingi mengungkapkan bahwa patroli ini dilakukan secara rutin dan berkesinambungan untuk mengecek kondisi terakhir patok yang dibangun di antara dua negara.

"Tidak kami temukan pergeseran posisi patok dan kondisinya masih sangat baik," paparnya.

Perlu diingat bahwa pada Agustus tahun lalu, militer dari kedua negara telah melakukan patroli patok secara bersama-sama di MM-1.

Sehari sesudah itu, giliran 128 warga kampung Kibay, Disrik Arso Timur, menikmati layanan pengobatan massal gratis yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 122/TS bekerja sama dengan Puskesmas Pitewi, Kamis (19/1).

Kegiatan pengobatan massal gratis tersebut dilakukan sebagai langkah positif untuk mengurangi beban masyarakat pedalaman Kampung Kibay dalam hal layanan kesehatan.

Pengobatan gratis tersebut juga tak terlepas dari kondisi Puskesmas pembantu yang ada di kampung Pitewi sudah tidak berfungsi.

Tak hanya itu saja, karena jalan yang menghubungkan kampung ini menuju kampung Pitewi sangat lumayan jauh.

“Jadi hal inilah yang menyebabkan kami merasa terpanggil untuk melaksanakan pengobatan massal secara gratis," papar Mayor Inf Afid Cahyono yang turut hadir dalam kegiatan itu.

Menurut data yang diperoleh, banyak hal positif yang telah disumbangkan ke kampung pedalaman ini, diantaranya adalah pembuatan sarana aliran listrik dan penerangan, pembuatan pondok TV dan perangkatnya serta perbaikan sarana infrastruktur jembatan yang menghubungkan Kampung Pitewi ke Kampung Kibay.

Kini personel Satgas Pamtas 122/TS kembali memberikan pengobatan massal gratis yang mendapat respon baik dari seluruh warga kampung Kibay.

"Saya memberikan apresiasi penuh kepada Lettu Inf Marwan Parapat dan Lettu Inf Sugiharto yang telah berhasil menjalin hubungan baik antara posnya dengan warga Kampung Kibay," pungkas Afiid bangga.

Terkait kondisi kesehatan, Letda CKM dr. Randy Pratama yang juga salah satu tenaga medis mengakui mayoritas warga di kawasan tersebut menderita penyakit arthritis atau nyeri persendian.

“Dan kami telah berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada mereka," cetusnya.

Sementara itu, Yosep Boream selaku Kepala Kampung Kibay menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada anggota Satgas yang telah berbuat banyak di kampungnya.

"Kami sangat terbantu dengan kehadiran anak-anak pos di kampung ini. Minggu lalu mereka membangun pondok TV, kini kami diberikan layanan pengobatan gratis, saya bersama warga sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI," ucapnya berulang-ulang.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga