Sekda Lanny Jaya Cek Kesiapan Logistik Pemilukada

Share it:
Sekda Christian Sohilait, MT, M.Si saat mengecek logistik Pilkada Lanny Jaya
Tiom, Dharapos.com
Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, ST, M.Si, di dampingiAsisten Bidang Pemerintahan Leteren Yigibalon, mengecek kesiapan pendistribusian logistik Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) setempat, Selasa pagi (31/1).

Pengecekan tersebut guna memastikan kesiapan KPU Kabupaten Lanny Jaya untuk proses pendistribusian logistik Pilkada serta mengecek guna mengetahui apakah ada surat suara yang rusak atau tidak.

Turut juga mendampingi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Eteme Kogoya, Staf Ahli Bidang Keuangan, Jakobus Wae dan  Staf Ahli Bidang Perekonomian Anton Yoman serta Kabag Ops Polres Lanny Jaya, AKP. Remon L. Tahapari.

Terhitung, tinggal 15 hari lagi pelaksanaan pesta demokrasi serentak ini akan berlangsung sehingga Pemerintah kabupaten Lanny Jaya selaku penanggung jawab even politik tersebut harus mengetahui sudah sejauh mana kesiapan dilakukan.

Karena direncanakan, pendistribusian surat suara akan dilakukan usai debat kandidat dan saat ini tengah dipersiapkan pihak KPU setempat.

Saat berada di gudang KPU Lanny Jaya, Sekda mengungkapkan hingga saat ini, proses pelipatan surat suara telah selesai dilakukan bahkan lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Termasuk juga 2000 lebih atau 2 persen surat suara tambahan dari jumlah DPT.

"Dari sekian surat suara tersebut terdapat 32 surat suara mengalami kerusakan," bebernya.

Sekda menambahkan, semua logistik Pilkada sudah berada di Tiom, ibukota Kabupaten Lanny Jaya yakni surat suara, kotak suara, format pengisian termasuk tinta dan hologram.

Sekda dan jajaran Pemkab Lanny Jaya  memastikan kesiapan logistik Pilkada di Kantor KPU setempat
Untuk itu, diharapkan dalam satu dua hari ke depan, setelah pelaksanaan debat kandidat maka pendistribusian sudah bisa dilakukan.

Diakui Sekda, ada beberapa distrik yang letaknya cukup jauh sehingga perlu didistribusikan lebih awal seperti Distrik Kuyawage  dimana prosesnya harus menggunakan pesawat. Kemudian Distrik Balingga, Balingga Barat, Bruwa, Bimba, Muara dan Distrik Kululume.

"Selain itu juga kita akan mempersiapkan untuk rekrutmen ratusan tenaga Linmas dan yang diusulkan oleh distrik juga telah di siapkan," sambungnya.

Pemda Lanny Jaya, lanjut Sekda, juga akan memantau setiap TPS, karena KPU juga akan mempersiapkan kotak-kotak suara terutama pada lokasi yang telah disiapkan.

Ditegaskannya, sebagai fasilitator Pemda Lanny Jaya akan memfasilitasi KPU dan Panwas agar Pemilukada di kabupaten yang berada di kawsan Pegunungan Tengah Papua ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Terkait DPT kabupaten Lanny Jaya total berjumlah 113 ribu orang  sesuai dengan hasil pleno KPU dan juga sesuai hasil verifikasi Kementrian Dalam Negeri RI. Sedangkan  jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 400 TPS.

Sekda juga menambahkan mengenai kawasan yang dinilai rawan konflik juga telah dipetakan.

"Dari dua kali hasil pertemuan antara Penjabat Bupati, Forkopimda dan KPUD Lanny Jaya, kita sudah petakan, tetapi semuanya tetap melaksanakan Pemilukada. Termasuk, pihak kemanan juga telah siap untuk mengamankan pesta demokrasi di kabupaten ini," tandasnya.

Olehnya itu, Sekda kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten yang beribukota di Tiom ini bahwa pesta demokrasi ini adalah milik bersama.

"Kita akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang akan melanjutkan pembangunan di daerah ini. Oleh karena itu, mari kita sama-sama bertanggung jawab untuk kesuksesan pemikukada ini," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga