Siahaya : Pembentukan OPD Baru Tunggu Keputusan Mendagri

Share it:
Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru oleh Pemerintah Kota Jayapura telah dilaksanakan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 dan sudah rampung.

Kemudian, telah ditindaklanjuti ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI namun masih menunggu keputusan Mendagri karena adanya beberapa perubahan.

"Untuk Kota Jayapura, tim telah selesai melakukannya, namun ketika diteruskan ke Kementrian Dalam Negeri, ternyata ada perubahan dan sampai saat ini kita masih menunggu keputusan Mendagri," demikian pernyataan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat dikonfirmasi, Kamis (12/1).

Diakuinya, perubahan-perubahan tersebut sementara dilakukan dan rencananya pada awal pekan depan  tim akan datangi Kemendagri di Jakarta untuk finalisasi dan meminta agar direkomendasikan.

Selain itu, Siahaya juga mengatakan, meski ada OPD baru namun tidak ada promosi jabatan untuk pengisian jabatan personal.

"Kita hanya mengisi sesuai perubahan nomenklatur dan jabatan yang ada, sehingga tinggal di lakukan pengukuhan. Walaupun ada beberapa jabatan organisasi struktural tapi ada juga yang di teruskan sesuai peraturan pemerintah," cetusnya.

Mantan Sekwan DPRD Kota Jayapura ini juga memastikan, bahwa nantinya di tahun ini juga, Dinas
Kebersihan dan Pertamanan  serta Dinas Tata Kota akan di bubarkan, dan sebagian dari personalnya akan di mutasi ke Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura.

Sedangkan, OPD baru yang akan di bentuk nantinya, Dinas Perumahan dan juga Kominfo.

Kemudian juga ada, peningkatan status dari kantor menjadi Badan seperti Perpustakaan menjadi Badan Perpustakaan begitu pula Ketahanan pangan yang turut berubah menjadi Badan.

Meski demikian, diakui Siahaya, Pemkot telah berupaya untuk Kantor Layanan Pengadaan Barang menjadi Badan namun usulan tersebut tidak diizinkan sehingga hanya menjadi Bagian.

Sama halnya dengan Badan Perbatasan yang ingin tetap dipertahankan, tapi juga tidak disetujui Mendagri sehingga dijadikan Bagian di Sekretariat.

"Sehingga Sekretariat yang tadinya hanya 5 bagian menjadi 9 bagian karena ada penambahan 4 Bagian," tandasnya.

Lebih lanjut, jelas Siahaya, Sekda Pemkot Jayapura mestinya terdiri dari 12 bagian.

"Tapi setelah tim melakukan penggodokan untuk melihat urgensi dan kebutuhan, maka kita tetapkan 9 bagian dan Senin besok akan kita sampaikan pengusulan, serta meminta Kemendagri untuk mengeluarkan rekomendasi kepada Penjabat Wali Kota untuk segera dikukuhkan," sambungnya.

Siahaya juga pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar pelaksanaan Pilkada Kota Jayapura dapat berjalan dengan baik dan melahirkan pemimpin yang berkualitas.

"Dan nantinya Wali Kota terpilih yang akan menyusun personal dalam struktural yang definitif," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga