Soal Belum Terbitnya SK Panwas, Sekda Lanny Jaya Akui Baru Mengetahuinya

Share it:
Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait, MT, M.Si saat memberikan pernyataan dihadapan peserta aksi
Tiom, Dharapos.com
Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kabupaten Lanny Jaya terancam cacat hukum.

Pasalnya, seluruh Panitia pengawas tingkat distrik di wilayah tersebut yang telah dilantik beberapa waktu lalu, hingga saat ini belum juga dibekali dengan Surat Keputusan (SK).

Hal tersebut terlihat saat puluhan Panitia Pengawas tingkat distrik melakukan aksi protes kepada Panwas Kabupaten Lanny Jaya, yang dilakukan di kantor Bupati setempat, Senin (30/1).

Aksi yang berlangsung damai dan tertib ini di terima Sekretaris Daerah Lanny Jaya, Christian Sohilait, MT, M.Si.

Yang tak kalah menarik dari aksi tersebut, honor selama dua bulan masing-masing November dan Desember 2016 juga dibayarkan tanpa mengantongi SK.

Menanggapinya, Sohilait saat menerima peserta aksi mengakui jika Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya dalam hal ini Sekda baru mengetahui kalau Panwas distrik belum mendapat SK.

Begitu pula pembayaran honor yang telah dilakukan tidak berdasar, atau dengan kata lain pembayarannya ilegal.

"Karena itu, untuk pembayaran honor berikut harus ditahan dan tidak boleh dicairkan sebelum SK di berikan kepada Panwas distrik," tegasnya.

Sohilait berjanji akan mengecek SK Panwas distrik tersebut, karena hingga saat ini pun tembusan SK juga belum masuk ke Pemkab Lanny Jaya.

Selain itu, bebernya pula, dalam tubuh Panwas sendiri telah terjadi perpecahan.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Panwas di tingkat provinsi dan dalam minggu ini Pemda Lanny Jaya akan melakukan pertemuan dengan Panwas Provinsi Papua," lanjutnya.

Lebih lanjut, papar Sohilait, Pemkab Lanny Jaya sendiri telah mengalokasikan anggaran untuk Panwas setempat sebesar Rp 23 miliar dan di bayar dalam dua tahap.

"Pembayaran tahap pertama telah dilakukan sebesar Rp 5 miliar, sementara untuk tahap ke dua sebesar Rp 18 miliar yang rencananya akan dibayarkan minggu ini," paparnya.

Sohilait juga menghimbau, jika ada Panwas Kabupaten yang bersedia bekerja sama dengan Pemda Lanny Jaya maka dirinya mempersilakan untuk melapor jika ada bukti.

Usai mendengar penjelasan, seluruh anggota Panwas distrik peserta aksi membubarkan diri dengan tertib.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga