Soal Pengelolaan Kapal Pesiar, Pemkot Percayakan ke Pihak Ketiga

Share it:
Kapal pesiar "Youtefa" milik Pemkot yang baru saja didatangkan ke Kota Jayapura 
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah kota Jayapura kini telah memiliki 1 unit kapal pesiar yang akan melayani masyarakat setempat yang berkeinginan melakukan tur wisata ke kampung-kampung khususnya yang berada di kawasan Teluk Humbolt dan Teluk Youtefa.

"Tentu kapal mewah ini nantinya akan di Kelola oleh pihak ke tiga namun sebelum itu akan dikaji terlebih dahulu," kata Sekretaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat dikonfirmasi, Kamis (12/1).

Kapal Pesiar "Youtefa" ini dihadirkan oleh Pemkot dalam rangka memudahkan masyarakat untuk melepas lelah setelah sepekan melakukan aktivitas penuh baik sebagai ASN, pegawai swasta hingga aparat keamanan dan para pelajar.

"Tentunya mereka membutuhkan waktu untuk refreshing atau melakukan rekreasi bersama keluarga dan kapal pesiar ini menjadi salah satu sarana untuk mendukung hal itu," urai Siahaya.

Sekda Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Dikatakan pula dengan jumlah penduduk yang begitu padat, tentunya tempat rekreasi untuk melepaskan kejenuhan dan lelah juga terbatas.

"Sehingga kini masyarakat diberikan pilihan untuk memanfaatkan kapal pesiar yang telah disiapkan guna melakukan tur dan menikmati keindahan Teluk Youtefa dan sekitarnya," sambung Siahaya.

Diakuinya, masyarakat selama ini baru sebatas merasakan dan menikmati apa yang telah dilakukan Pemkot Jayapura pada setiap Sabtu - Minggu maupun saat hari libur dengan menghabiskan waktu di kawasan Dok 2 untuk menikmati keindahan pantai.

"Namun dengan hadirnya kapal pesiar di kota ini dapat memuaskan hati masyarakat dan nantinya juga akan menambah PAD Kota Jayapura," harap Siahaya.

Untuk itu, dirinya meminta pihak Dinas Perhubungan bersama Dinas Pariwisata untuk segera berkoordinasi dan melakukan kajian-kajian tentang pengelolaan kapal serta menyusun SOP.

"Dan juga harus melihat titik-titik mana untuk tambatan kapal agar segera dipersiapkan karena Pemerintah kota menargetkan kapal pesiar tersebut akan melakukan tur ke kampung-kampung dan menyinggahinya," dorong Siahaya.

Hal ini dimaksudkan agar potensi setiap kampung yang disinggahi dapat diperdayakan dan menghidupkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

"Dan masyarakat Kota Jayapura bisa mengetahui kuliner-kuliner yang menjadi khas dari berbagai kampung hingga kerajinan tangan atau ukir-ukiran, tari-tarian dan budaya yang bagus," pungkasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga