Sohilat Dilantik Sebagai Kepala Suku Besar Maluku Se- Pegunungan Tengah

Share it:
Ketua dan Sekretaris Umum IKEMAL di Tanah Papua saat memasangkan berang di kepada Ketua IKEMAL Pegunungan Tengah Papua, Christian Sohilait, ST, MT 
Wamena, Dharapos.com
Christian Sohilait, MT, M.Si resmi dilantik sebagai Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) dan Kepala Suku Besar Maluku se Pegunungan Tengah Papua periode 2017-2022 menggantikan  Chris Manuputty.

Pelantikan  dan pengukuhan yang dilaksanakan berdasarkan SK Badan Pengurus Pusat (BPP) Ikatan 
Keluarga Maluku di tanah Papua Nomor. 06/BPP-IKEMAL/DTP/2017 berlangsung di gedung Ukumiarek Asso, Minggu (29/1) dipimpin langsung oleh Ketua IKEMAL di Tanah Papua Drs. Elia I. Loupatty, M.Si.

Juga ditandai dengan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Ketua bersama Sekretaris Umum IKEMAL  Rasmus D. Siahaya, SH, MM.

Disaksikan dan disahkan oleh sesepuh mewakili Pemerintah Pegunungan Tengah, Wakil Bupati Jayawijaya, John R. Banua, M.Si dan penyerahan Parang Salawaku serta pengikatan kain berang di kepala.
Loupatty dalam sambutannya, mengapresiasi Ketua IKEMAL dan pengurus se Pegunungan Tengah Papua yang telah menunjukkan optimalisasi orang Maluku dari segi budaya adat sebagai anak-anak Pattimura.

Ia pun mengingatkan bahwa IKEMAL adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bertanggung jawab meningkatkan persaudaraan dan kekeluargaan.

"Dan harus sadar bahwa kami semua yang hidup di pegunungan Tengah Papua adalah Warga Negara Indonesia yang berkewajiban memberikan dukungan kepada Pemerintah daerah dimana IKEMAL  berada," imbuh Loupatty.

Penandatangan berita acara pelantikan dan pengukuhan oleh Ketua dan Sekretaris IKEMAL di Tanah Papua
Ia pun mencontohkan bukti dukungan kepada Pemerintah, seperti soal kepemilikan e-KTP bagi warga IKEMAL di Kabupaten Jayawijaya, ataukah minimal sudah terdaftar pada RT dan RW termasuk pada masjid atau gereja.

"Karena hal itulah sebagai  bukti IKEMAL mendukung program Pemerintah daerah setempat walau terkesan seperti sesuatu yang sepele namun itu harus dilengkapi dan dilaksanakan. Bahkan dalam profesi apa saja harus bisa bekerja dengan setia dan tekun demi meraih kesuksesan," dorong Loupatty.

Keberadaan IKEMAL se-Pegunungan Tengah yang memiliki jangkauan cukup luas sehingga diminta kepada seluruh pengurus  untuk tetap kontinu melakukan koordinasi secara baik.

"Karena kehadiran warga Maluku di Pegunungan Tengah tentu untuk meneruskan apa yang telah diletakkan orang tua-tua kita, di mana peranan orang-orang tua  Maluku sejak akhir abad 19 dan awal abad 20, bagi tanah Papua sangat luar biasa. Dan cita-cita itu harus diteruskan dan jangan membuat sesuatu yang tidak baik karena kehadiran orang tua-tua selalu memberikan yang terbaik bagi tanah Papua," pesannya seraya menambahkan teristimewa masyarakat Maluku yang ada di Pegunungan Tengah harus membantu mendampingi dan membina orang asli Papua sesuai kemampuan yang ada.

"Karena hanya dengan cara-cara ini kita meneruskan cita-cita Luhur dari moyang-moyang kita,' tandasnya.
Untuk itu juga, bagi anak anak Papua apabila ada orang Maluku yang mungkin sikap dan kelakuannya tidak berkenan maka harus ditegur.

Ketua Umum, Drs. Elia I. Loupatty saat melantik dan mengukuhkan pengurus IKEMAL Pegunungan Tengah Periode 2017 - 2022
"Hal ini sangat penting, kenapa? Agar anak-anak Maluku kembali melukis perjalanan sejarah hari ini dan di waktu yang akan datang. Dengan mengembangkan semboyan orang Maluku “Ale Rasa Beta Rasa, Potong 
Dikuku Rasa Dijari” yang harus kita tunjukkan dalam kehidupan rumah tangga, dalam kebersamaan sesama IKEMAL serta ditunjukkan kepada sesama di mana pun berada baik dalam tugas sehari-hari maupun di sekitar tempat tinggal," sambungnya.

Semboyan ini juga sebagai wujud penegasan agar semua orang tahu bahwa kehadiran anak-anak Maluku demi menyenangkan dan memberikan kecahayaan yang pantas dan wajar di Tanah Papua.

Pada kesempatan tersebut, Loupatty juga menyerahkan lengso adat dan kain kepada sesepuh IKEMAL

Di saat yang sama, Ketua IKEMAL (Kepala suku besar ) se-Pegunungan Tengah Papua, Christian Sohilat dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan guna mengayomi seluruh warga Maluku yang ada di seluruh wilayah tersebut.

"Kepercayaan yang diberikan ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang berat, namun sangat diyakini akan mampu dilaksanakan karena ada sesepuh dan seluruh warga Maluku, yang ada wilayah pegunungan tengah Papua," ucapnya.

Dikatakannya, pelantikan pengurus IKEMAL periode 2017-2022 tentu mempunyai arti yang sangat strategis karena diperhadapkan dengan pesta demokrasi akan diselenggarakan pada 15 Februari mendatang yang mana di dalamnya warga Maluku yang berada di wilayah ini juga turut mengambil bagian.

Masyarakat Maluku dan para tamu undangan
Olehnya itu, Sohilait menghimbau kepada seluruh warga Maluku untuk sama-sama menyukseskan Pilkada akan berlangsung di beberapa kabupaten di Pegunungan Tengah Papua

"Karena itu, saya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan bagi Pemerintah daerah dimana kita berada. Sehingga warga Maluku turut menjadi bagian penting dalam suksesnya pembangunan," cetusnya.

Sohilait juga mendorong perlu adanya dukungan penuh kepada pengurus baru, demi terlaksananya program kerja secara baik.

"Karena ikatan ini merupakan ikatan sosial dimanapun kita berada sehingga perlu dukungan satu sama lain khusus untuk warga Maluku yang berada di Pegunungan Tengah Papua," tukasnya sekaligus mengakhiri sambutan dengan menyampaikan ucapan terima kepada pengurus besar IKEMAL di Tanah Papua yang telah menyempatkan diri untuk hadir pada acara pelantikan tersebut.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga