Terindikasi Anggota Parpol, Relawan BTM - HaRUS Laporkan Ketua PPD Japsel

Share it:
Ketua Relawan Loyalis BTM-HaRUS, Michael Sineri
Jayapura, Dharapos.com 
Relawan Loyalis pasangan calon BTM - HaRUS melaporkan Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Roni Behuku, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas (Panwas) Kota Jayapura.

Laporan tersebut disertai sejumlah bukti yang telah di kantongi sebelumnya.

"Kami melaporkan saudara Roni Behuku karena yang bersangkutan terindikasi merupakan salah satu anggota partai politik," ungkap Ketua Relawan LoyalisBTM-HaRUS, Michael Sineri, Jumat (27/1)  sore.

Yang bersangkutan, lanjut dia, adalah anggota partai yang terlibat dalam PPD, dengan jabatan Ketua PPD Distrik Jayapura Selatan (Japsel).

"Yang kami persoalkan adalah saudara Roni Behuku yang merupakan anggota dari salah satu partai politik di Kota Jayapura," kembali beber Sineri.

Dengan status tersebut, Relawan Loyalis BTM - HaRUS menilai yang bersangkutan telah melanggar UU sebagaimana yang tertera dalam bukti-bukti yang telah dikantongi.

"Maka sesuai dengan bukti yang telah dikantongi, kami dari relawan secara resmi telah mengajukan laporan pengaduan ke KPU maupun Panwas," tegasnya.

Karena itu, Sineri meminta ketegasan KPU dan Panwas jika oknum tersebut terbukti sebagai anggota salah satu parpol maka pihaknya meminta yang bersangkutan segera diberhentikan dari Ketua PPD.

Dijelaskan pula, laporan pengaduan yang disampaikan Relawan Loyalis BTM-HaRUS mengacu pada aturan dalam hal ini persyaratan sebagai anggota PPD yang sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2015 dan Peraturan PKPU Nomor 2 dan 3 Tahun 2015 tentang persyaratan sebagai anggota PPD.

UU ini mengamanatkan bahwa untuk menjadi anggota PPD, tidak sedang menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat secara sah atau sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun, tidak lagi tergabung dalam partai politik.

"Mendasari itu maka kami menilai bahwa UU yang telah diamanatkan ini sudah sangat jelas untuk tidak boleh di langgar oleh siapa pun dia baik itu partai politik maupun Pegawai Negeri Sipil," tegasnya.

Atas fakta ini, Relawan BTM-HaRUS meminta kepada KPU Kota Jayapura untuk segera memberhentikan Roni Behuku dari jabatannya sebagai Ketua PPD Distrik Japsel.

Ditambahkannya, setelah memasukan laporan maka Panwas harus menindak lanjuti pengaduan  tersebut sesuai ketentuan, yaitu 3 hari + 2 akan segera ditindak lanjuti sesuai dengan bukti-bukti yang ada

Dan apabila Roni Behuku terbukti sebagai anggota partai politik maka sudah termasuk dalam pelanggaran kode etik sehingga yang bersangkutan harus diberhentikan dari Ketua PPD.

"Karena Pemilukada ini harus bebas dari segala kepentingan terutama mereka sebagai penyelenggara pemilu," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga