Turut Lestarikan Budaya Papua, Persit KCK Kodim 1709/Yawa Buat Tas Noken

Share it:
Ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Persit KCK Cabang XXII Kodim 1709/Yawa terlihat sementara membuat noken kerajinan tangan khas Papua, Selasa (17/1)
Yapen, Dharapos.com
Ketua Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang XXII Kodim 1709/Yapen Waropen (Yawa) Ny. Minhas Hari Wibowo bersama-sama para anggota membuat noken kerajinan tangan khas Papua, Selasa (17/1).

Kegiatan yang berlangsung di Makodim 1709/Yawa ini dilaksanakan guna menyalurkan bakat dari para Ibu Persit.

Selain sarana menyalurkan bakat, kegiatan ini dapat menjadi tambahan pemasukan ekonomi keluarga.

Karena hasil dari kerajinan tangan noken ini memiliki nilai jual di pasaran, mengingat penggemar noken yang ada di Kota Serui ini cukup banyak.

Tak hanya anak sekolah, para PNS dan masyarakat juga menggunakan noken sebagai tren di tengah persaingan model dan aksesoris dunia saat ini.

Bahkan, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo. SH  beserta para anggota Kodim 1709/Yawa tak ketinggalan menggunakan Noken dalam kesehariannya.

Lebih lanjut, Ny Minhas Hari Wibowo menjelaskan pada jaman dulu membuat noken melambangkan kedewasaan dan syarat untuk menikah  bagi para wanita, di sebagian besar wilayah Papua.

Namun tradisi ini sudah tak lagi digunakan terlebih lagi bagi para wanita Papua yang tinggal di daerah perkotaan.

“Noken merupakan budaya dari masyarakat Papua yang harus tetap dilestarikan dan dijaga sehingga ke depannya budaya masyarakat dalam hal ini Noken bisa tetap eksis di tengah-tengah masyarakat luas,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga