2017, 150 Anak Jalanan di Kota Jayapura Dapat Bantuan Pemkot

Pemerintah kota di tahun 2017 ini, akan memberikan bantuan pembinaan kepada sedikitnya 150 anak jalanan yang tersebar pada 5 distrik di Kota Jayapura.
Share it:
Kadis Sosial Kota Jayapura, Irawadi
Jayapura, Dharapos.com  
Pemerintah kota di tahun 2017 ini, akan memberikan bantuan pembinaan kepada sedikitnya 150 anak jalanan yang tersebar pada 5 distrik di Kota Jayapura.

Dan untuk merealisasikan bantuan tersebut, Pemkot dalam hal ini Dinas Sosial setempat akan melibatkan beberapa lembaga sosial dan Gereja.

"Kita akan berikan bantuan dalam tahun ini bagi 150 anak jalanan di Kota Jayapura, dan realisasinya kita akan libatkan beberapa lembaga sosial dan Gereja," demikian pernyataan yang disampaikan Kepala Dinsos Kota Jayapura, Irawadi, saat dikonfirmasi, Jumat (17/2).

Diakuinya, Dinsos telah mengidentifikasi anak-anak tersebut, di beberapa tempat di Kota Jayapura.

"Datanya sudah ada tetapi SK Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (SKPPTK, red) masih belum diserahkan sehingga kita belum bisa realisasikan di lapangan," akui Irawadi.

Untuk tahapannya sudah dilakukan dan teknis kegiatannya akan dibagi di tiga lokasi seperti Jayapura  Utara, Jayapura Selatan dan Abepura.

"Anak-anak kita kumpul di lokasi-lokasi yang ditentukan dan pembinaannya akan melibatkan juga pekerja sosial, gereja dan pihak Uncen, yang sudah terjun di jalan itu kita libatkan," ujarnya.

Disamping itu,  lanjut Irawadi, pihaknya juga berencana melibatkan, Balai Besar Sosial di Tanah Hitam, guna pemberian materi, karena mereka punya materi yang cukup lengkap bagi anak - anak jalanan.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dilakukan selama enam bulan sehingga diharapkan anak-anak di jalan bisa kembali ke orang tuanya, dengan hidup yang normal.

"Selain itu para orang tua juga akan dilibatkan," tegas Irawadi.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Jayapura, Milka Hasor menambahkan bantuan tersebut berupa sosialisasi, dengan melibatkan pekerja sosial, serta pemeriksaan kesehatan.

Kemudian juga, ada kerja sama dengan rumah sakit jiwa, karena anak-anak telah mengonsumsi zat adektif.

"Selain itu, kita akan data mereka untuk di sekolahkan, sehingga usai diperiksa dan menjalani pembinaan, mereka akan disekolahkan untuk belajar," tandasnya.

Irawadi menambahkan, 150 anak dimaksud terbagi di 5 distrik, masing-masing Jayapura Utara sebanyak 40 anak, Japsel (30),  Abepura (30), Muara Tami (20), dan Heram sebanyak 30 anak.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga