700 Warga Kota Jayapura Dilibatkan dalam Program Padat Karya Perkotaan

Setiap tahun Pemerintah Kota Jayapura, melaksanakan program padat karya perkotaan.
Share it:
Sekda Kota saat menyerahkan peralatan kerja secara simbolis kepada warga  
Jayapura, Dharapos.com 
Setiap tahun Pemerintah Kota Jayapura, melaksanakan program padat karya perkotaan.

Dan kali ini sebanyak 700 warga yang digolongkan pengangguran dan setengah pengangguran dilibatkan dalam program yang dilaksanakan melalui Dinas Tenaga Kerja setempat.

Momen tersebut dilaksanakan jelang peringatan HUT ke – 107 Kota Jayapura, yang jatuh pada 7 Maret 2017.

Penyerahan peralatan kerja telah dilakukan secara simbolis pada Kamis (23/2) dengan mengambil lokasi di halaman kantor Distrik Jayapura Selatan yang dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota dan kepala distrik setempat.

Penjabat Wali Kota yang diwakili Sekretaris Daerah Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM mengatakan keterlibatan masyarakat Kota Jayapura dalam program ini merupakan bagian dari upaya Pemkot untuk mewujudkan amanat UUD 1945, Pasal 27 ayat 2.

Yang mana diamanatkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.

"Olehnya itu, Pemkot  berkewajiban untuk mendorong seluruh warga masyarakat agar memperoleh pekerjaan yang layak dan tentunya untuk menikmati sebuah kehidupan yang baik sebagai warga negara," ungkapnya.

Lanjut Penjabat, secara nasional program padat karya dilakukan dalam bentuk-bentuk tertentu.

Seperti khusus untuk kota Jayapura, padat Karya di lakukan, guna terserap tenaga kerja walau bersifat temporer yang tentu diprogramkan secara berkelanjutan melalui Disnaker Kota Jayapura.

"Tentu pada momen-momen tertentu, masyarakat pencari kerja diminta untuk mengecat trotoar dan bahu jalan serta membersihkan taman-taman kota, dan sesudah itu diberikan upah tertentu sesuai dengan undang-undang yang berlaku," lanjutnya.

Program yang dilakukan ini disesuaikan dengan momen-momen tertentu seperti HUT ke 107 Kota Jayapura pada tanggal 7 Maret 2017.

Kadisnaker Kota dan Kadistrik Japsel serta masyarakat yang dilibatkan dalam program ini
"Untuk itu, kebersihan kota ini perlu ditampilkan juga kerapian kota ini harus kita tata dan salah satu komponen untuk merapikan dan membuat kota menjadi indah yaitu dengan melibatkan masyarakat untuk melakukan pengecatan lokasi-lokasi yang telah ditentukan oleh Disnaker di setiap Jalan Kota," urainya.

Walaupun, diakui Penjabat, apa yang diberikan jumlahnya tidak seberapa atau sedikit.

"Namun sebagai masyarakat yang mempunyai keyakinan kepada Tuhan yang Maha Kuasa maka pada kesempatan HUT ke 107 Kota Jayapura, kita yang dipakai Tuhan guna mempercantik kota Jayapura," tandasnya.

Dari pemahaman seperti itu, dirinya sebagai Wali Kota mengharapkan ucapan syukur terucap dari setiap hati warga yang terlibat dalam kegiatan ini dan pasti Tuhan akan menambahkan lebih dari itu.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat kota yang tergabung dalam program padat karya agar dalam bekerja harus berhati-hati dan bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Dan sebelum bekerja, kita berdoa agar Tuhan menghindarkan hal-hal yang dapat mencelakakan kita," dorongnya.

Penjabat juga pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat untuk turut mengambil bagian dalam mempercantik kota ini.

"Kiranya dengan niat baik dan ketulusan hati untuk berpartisipasi dalam mengecat setiap jalan, maka yakinlah bahwa Tuhan akan memberkati bapak dan ibu karena kota Jayapura adalah kota beriman," tandasnya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga bertujuan agar tersedianya lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi pengangguran dan setengah pengangguran, dengan menyerap lebih kurang 700 orang.

Masyarakat yang tergabung dalam program Padat Karya perkotaan bekerja melakukan pengecatan talud, trotoar dan pembersihan selokan atau saluran air di pinggiran jalan utama Kota Jayapura.

Pekerjaan ini akan dilakukan sepanjang jalan utama dari perbatasan kota Jayapura dan kabupaten Jayapura, kampung Nafri, Jemparingan, Kelurahan Mandala depan gereja Rehobot Distrik Jayapura Utara yang telah dimulai sejak 3 Februari hingga 1 Maret 2017.

Pantauan media ini, sebagai tanda dimulainya program tersebut, dilakukan penyerahan peralatan kerja secara simbolis.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga