9.403 Peserta Didik Tingkat SMP - SMA/SMK di Kota Jayapura Siap Ikuti UNBK

Sebanyak 9.403 peserta didik mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Jayapura, telah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd
Jayapura, Dharapos.com 
Sebanyak  9.403 peserta didik mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Jayapura, telah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Semua telah siap untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer," demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd saat dikonfirmasi, Rabu (8/2).

Dirincikan, pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMK akan dimulai dari tanggal 3 - 6 April 2017 yang diikuti oleh 1.380 siswa. Sedangkan untuk tingkat SMA dimulai dari tanggal 10 - 13 April yang diikuti oleh 3.175 siswa.

Sementara, untuk peserta didik SMP Kelas IX diikuti oleh 4.848 peserta.

Dengan demikian, untuk tahun 2017, pelaksanaan UN untuk SMP SMA dan SMK semuanya berbasis komputer.

Mantan Kepala SMA Negeri 4 Jayapura ini menegaskan bahwa sekolah tidak boleh mengatakan siap atau tidak siap untuk melaksanakan UNBK.

"Kami akan membuat cluster-cluster dimana sekolah yang tidak memiliki komputer akan digabungkan dengan sekolah-sekolah terdekat yang memiliki fasilitas komputer. Seperti di SMP Moso, yang peserta ujiannya sebanyak 5 orang nantinya akan digabungkan dan diikutsertakan bersama dengan peserta didik pada SMP Muara Tami," lanjutnya.

Peserta UN dari kedua sekolah tersebut, didorong untuk mengikuti UNBK di SMA Negeri 6 Muara Tami.
Begitu pula SMP 8 Koya Barat nantinya akan bergabung dengan SMK Negeri 6 Koya Barat.

Serta SMP Koya Koso akan didorong untuk mengikuti UNBK di SMK Negeri 6 Abe Pantai.

Pelaksanaan UN 2017 yang dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya turut mendukung pelaksanaan UNBK di Kota Jayapura tidak mengalami kendala apapun.

"Ujian Nasional tahun 2017 ini telah dibagi sesuai jadwal sehingga pelaksanaannya tidak bersamaan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya UN SMA dan SMK digabung menjadi satu namun untuk tahun ini dipisahkan," urainya.

Karena dengan perbedaan waktu UN tersebut maka SMP bisa bergabung ke SMA terdekat yang memiliki komputer.

Terkait pelaksanaan UNBK yang tentunya lebih banyak menggunakan jaringan internet, Wayan mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan tidak terlepas juga dengan pihak PLN, agar dapat menunjang pelaksanaan UN nanti.

Peserta didik diminta untuk belajar dengan sungguh-sungguh begitu juga para guru di sekolah harus memberikan yang terbaik untuk anak-anak sehingga pada pelaksanaan UNBK nanti, siswa bisa melaksanakan dengan baik.

"Karena masing-masing siswa memiliki password yang berbeda dan  juga memiliki soal yang berbeda pada setiap komputer sehingga peluang untuk bekerja sama dalam pelaksanaan UN tidak  ada," sambungnya.

"Tujuan dari pelaksanaan UNBK ini adalah untuk mendapatkan mutu, integritas, efisien dan kredibel dalam pelaksanaannya sehingga diharapkan ke depan anak-anak akan menjadi bibit unggul bagi pendidikan di Kota Jayapura," tukas Wayan.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga