Di Papua, TNI Terus Bangun Kecintaan Anak-anak kepada Negara

Salah satu sektor penting yang hingga kini masih membutuhkan perhatian maksimal dari Pemerintah di Tanah Papua adalah pelayanan pendidikan yang diketahui masih jauh tertinggal dibanding provinsi lain di Indonesia.
Share it:
Siswa-siswi SD Banti saat menikmati belajar di luar ruangan
Timika, Dharapos.com
Salah satu sektor penting yang hingga kini masih membutuhkan perhatian maksimal dari Pemerintah di Tanah Papua adalah pelayanan pendidikan yang diketahui masih jauh tertinggal dibanding provinsi lain di Indonesia.

Pasalnya, hingga saat ini akses terhadap sektor tersebut di provinsi paling timur Indonesia ini belum berjalan maksimal karena terkendala sejumlah persoalan.

Terlebih khusus dalam membangun mental dan pemahaman anak-anak Papua terhadap arti dari wawasan kebangsaan itu sendiri.

Menyikapi kondisi itu, TNI sebagai aparat teritorial yang sangat menjaga dan menyayangi rakyat terlebih khusus anak-anak selaku generasi muda penerus Bangsa Indonesia tak tinggal diam melihat fakta yang ada.

Salah satunya, dengan berupaya menciptakan suatu hubungan keakraban dan kedekatan antara TNI dan masyarakat sejak dini, sehingga segala ancaman yang mungkin timbul terhadap bangsa ini di masa yang akan datang dapat diminimalisir.

Koramil 1710-04/Tembagapura terus menjaga hubungan baik dengan masyarakat khususnya anak-anak di Tembagapura demi mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan bangsa.

Sebagai wujud kecintaan kepada anak-anak, anggota Koramil 1710-04/Tembagapura Pelda Yonasus Rumsano dan Babinsa Kp. Banti, Sertu Jakson Iminggawak mengajak siswa di SD Banti untuk belajar di luar sekolah.

Kemudian memberikan kuis-kuis kecil dengan imbalan sebuah permen jika siswa dapat menjawab dengan benar.

Pertanyaan yang diberikan tentang wawasan kebangsaan, sejarah Bangsa Indonesia, sejarah Papua dan matematika, selain itu pertanyaan yang diberikan sesuai dengan wawasan dan pengetahuan yang diterima para siswa di sekolah.

Di sela-sela kegiatan, Pelda Yonasus Rumsano mengatakan ini sebagai upaya TNI menjaga generasi muda dengan memberikan wawasan kebangsaan sejak usia dini, karena ancaman kepada generasi sudah sangat tinggi.

“Kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan namun dengan warna yang berbeda untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat khususnya generasi muda di Papua, sehingga dapat memupuk rasa Nasionalisme generasi muda kepada Bangsa sejak dini,” katanya.

Kegiatan ini sudah melalui koordinasi dengan para guru di sekolah tersebut sehingga mendapat diapresiasi oleh pihak sekolah.

Para siswa sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, canda tawa pun terukir saat ada teman mereka yang salah saat menjawab pertanyaan dari Babinsa, namun itu semua menjadikan suasana semakin akrab dan semakin dekat.

"Tidak hanya itu para siswa juga meminta agar Bapak TNI kembali lagi besok untuk melakukan hal yang serupa,” tukas Rumsano.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga