Dispendukcapil Kota Jalani Audit Rutin dari Lembaga Pemberi Sertifikat ISO

Pasca mendapat sertifikat ISO 9001 versi 2008 atas konsistensi dalam melakukan pelayanan publik, kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura kembali menjalani audit.
Share it:
Auditor dari Mutu Agung Lestari Isyana Dewi (kedua dari kiri) didampingi Kadispendukcapil
Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM saat meninjau ruang arsip
Jayapura, Dharapos.com 
Pasca mendapat sertifikat ISO 9001 versi 2008 atas konsistensi dalam melakukan pelayanan publik, kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura kembali menjalani audit.

Audit tersebut dilakukan lembaga yang mengeluarkan sertifikat ISO, yakni  Mutu Agung Lestari dari Jakarta selama 2 hari.

"Saat ini merupakan audit tahap surveilans satu yang merupakan audit berkala yang dilakukan secara rutin setelah organisasi mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2008," terang Isyana Dewi selaku Auditor dari
Lembaga Mutu Agung Lestari, bertempat di ruang rapat Dispendukcapil Kota Jayapura, Kamis (23/2).

Audit yang dilakukan ini juga tentu dengan beberapa tujuan yakni guna melihat konsistensi penerapan sistem manajemen mutu yang telah diterapkan oleh Dispendukcapil Kota Jayapura.

"Konsistensi terhadap bagaimana penerapan pelayanan oleh Dispendukcapil yang dilakukan pasca mendapatkan sertifikat hingga tahun ini. Selain itu juga untuk memeriksa efektivitas tindakan perbaikan hasil audit sebelumnya, apakah tindakannya sudah efektif atau belum," lanjutnya.

Hal ini, ungkap Isyana, masih menjadi fokus penilaian oleh lembaga yang mengeluarkan sertifikat ISO tersebut.

Saat berada di ruang pengecekan data perekaman e-KTP
Faktor lain yang dinilai yakni jika ada peluang untuk melakukan perbaikan, artinya apa yang sudah dilakukan oleh Dispendukcapil, bisa diterapkan apabila ada perbaikan.

Dan Jika organisasi menggunakan logo sertifikasi,tentu ada aturan dari lembaga auditor karena yang dilihat adalah kesesuaian penggunaan logo.

Lebih lanjut di sampaikan Isyana, surveilans ini bukan untuk mendapatkan sertifikat kembali, tetapi lebih melihat konsistensi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 versi 2008.

Menurut dia, proses audit yang dilakukan selama 3 hari ini menunjukkan pelayanan yang dilakukan Dispendukcapil sungguh sangat baik sehingga auditor juga menyarankan banyak hal terhadap pelayanan yang berjalan.

Sementara untuk konsistensi pelayanan di tahun 2017, ada peningkatan dari tahun 2016 berupa inovasi-inovasi baru serta semangat untuk menuju perubahan yang lebih baik.

Diakuinya, memang ada beberapa ruang untuk perbaikan yang perlu ditingkatkan seiring Dispendukcapil melakukan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan.

Auditor dari Mutu Agung Lestari Isyana Dewi didampingi Kadispendukcapil Kota Jayapura,
Merlan S. Uloli, SE, MM saat memberi penjelasan dalam rapat
Meski demikian, sambung Isyana, Dispendukcapil Kota Jayapura sebagai dinas pertama yang menerima sertifikat ISO, telah menunjukkan konsistensi penerapan pelayanan publik yang cukup baik

Pasalnya, banyak SKPD yang telah diaudit namun dirinya mengakui bahwa Dispendukcapil Kota Jayapura sungguh sangat bagus menurut kacamata auditor dari lembaga survei ini.

Karena standar pelayanan telah diterapkan dan dijalankan dengan konsisten walau masih ada ruang perbaikan untuk peningkatan sistem.

Di tempat yang sama, Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM mengakui  pihaknya berkomitmen untuk lebih baik, sesuai yang telah ditetapkan pada Standar Operasional Pelayanan (SOP) saat mendapatkan sertifikat ISO.

"Sehingga kami  konsisten untuk menjalankan apa yang telah kami terima walaupun ada perbaikan dan itu merupakan perubahan menuju kepada pelayanan yang lebih baik," cetusnya.

Dalam hal ini, beber Kadis, apa yang telah ditetapkan dalam SOP namun dalam pelaksanaan di lapangan justru memperlambat proses untuk menghasilkan suatu produk seperti KTP atau kartu keluarga.

"Makanya kami tidak segan-segan untuk melakukan perbaikan dimana SOP akan kami tingkatkan," janjinya.

Jajaran staf Dispendukcapil Kota Jayapura sementara menerima penjelasan dari auditor
Kedatangan tim auditor ini, lanjut Kadis guna mengaudit masing-masing bidang yang ada pada Dispendukcapil sehingga lebih konsisten lagi.

Ia juga berharap ISO yang telah didapat tidak berbeda jauh dengan ISO yang akan berubah menjadi ISO 2015 khususnya pada pelayanan publik dimana semua pelayanan yang dilakukan ini rujukannya adalah SOP.

Artinya ada hal-hal yang dianggap tidak relevan lagi karena telah disusun 2 tahun lalu maka pihaknya akan melakukan perbaikan-perbaikan, dan telah disampaikan kepada tim auditor sehingga mendapat apresiasi baik.

"Dalam perbaikan  ini kita sesuaikan dengan SOP sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat artinya apa yang mereka lihat, mereka dengar sama juga dengan apa yang akan mereka terima nanti," tandas Kadis.

Hal itu juga sudah merupakan bukti konsistensi Dispendukcapil terhadap pelayanan publik demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Jayapura.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga