HPSN 2017, Daur Ulang Sampah Jadi Barang Bernilai

Sampah diketahui bersama merupakan benda yang tak bernilai bahkan tak sedikit yang menganggapnya sebagai barang yang sudah usang.
Share it:
Penjabat saat meninjau sejumlah hasil karya dengan bahan dasar dari sampah
Jayapura, Dharapos.com 
Sampah diketahui bersama merupakan benda yang tak bernilai bahkan tak sedikit yang menganggapnya sebagai barang yang sudah usang.

Tetapi oleh sebagian orang atau bahkan lembaga, ternyata barang yang bernilai itu dapat didaur ulang hingga memberi manfaat yang luar biasa.

Pembinaan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura terhadap sejumlah kelompok telah membuktikan bahwa hal itu.

Seperti yang ditunjukkan dari hasil Kreativitas pengolahan sampah oleh kelompok Pasca dan Helena Kreatif Dekor Kota Jayapura.

Kedua kelompok tersebut berhasil mendemonstrasikan cara bagaimana mengolah sampah-sampah yang telah di daur ulang menjadi barang yang indah dan memiliki manfaat dan kegunaan yang luar biasa.

Yang terbuang menjadi yang terindah, kira-kira demikian yang terjadi saat ini setelah melihat sampah yang telah di buang, namun oleh sebagian kelompok bisa memanfaatkan dan mengolah menjadi sesuatu yang indah.

Penjabat Wali Kota saat menyampaikan sambutannya
Mulai dari casing TV, kertas koran, komputer, busa, kulkas hingga ban mobil.

Bahkan kedua kelompok ini juga telah membangun kerja sama dengan Rumah Weading, Vigo Salon, Eden Studio, Royal Salon Sentani dan kini telah menjadi langganan tetap.

"Kami juga membuat sejumlah kerajinan berbahan dasar sampah kertas. Kebetulan kami mendapat pasokan dari Dinas Otonom dan Pemda Kota juga dari kampus USTJ, Askes dan Bank Mandiri," terang Paskario Morimusendi.

Lanjutnya, produksi hasil kerajinan dari sampah ini juga telah dikirim ke Makassar, Jakarta dan Palembang.
Khusus untuk pengiriman ke Palembang digunakan untuk gapura besar saat momen pernikahan.

"Kami juga bergerak di produk interior dekorasi rumah berdasarkan pesanan dan sejak 2016 tidak lagi berjualan keliling karena sudah ada langganan tetap," tandas Paskario.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Ketty Kailola  dalam laporannya mengatakan kepedulian masyarakat dalam menangani dan mengelola sampah adalah wujud nyata dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Jayapura, Ir. Ketty Kailola saat menyampaikan laporan
Diakuinya pula, terlihat hampir di seluruh Kota Jayapura hingga di kali, pasar, pinggir rumah singgah ditemukan sampah.

"Kita harus bersihkan sampah agar kota Jayapura dipandang indah cantik. Dan hal ini diwajibkan kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura menjelang HUT Kota Jayapura yang ke - 106 tanggal 7 Maret 2017," tukas Paskario.

Di momen yang sama, Pemkot juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura khusus bagi masyarakat yang berada di pinggiran Kali Acai agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita tidak boleh buang sampah sembarangan apalagi sampai dibiarkan berserakan di halaman rumah," imbuh Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM.

Masyarakat harus membiasakan diri untuk mengumpulkan sampah dan dibuang pada tempatnya. Apalagi juga didukung mobilitas motor maupun mobil sampah yang telah disediakan untuk terus masuk ke pemukiman warga.

Foto bersama Penjabat Wali Kota dan Sekda Kota Jayapura
"Sampah merupakan sumber penyakit bagi manusia sehingga kita harus menjaga lingkungan dengan baik karena kalau kita menjaga lingkungan maka kita sendiri menghargai diri kita. Namun apabila tidak menjaga lingkungan maka kita sendiri tidak menghargai pribadi kita," urainya.

Sampah lanjut Penjabat, merupakan permasalahan yang harus disingkirkan dan tidak boleh dibiarkan karena merupakan sumber penyakit.

Olehnya itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk membiasakan diri mengumpulkan sampah. Sambil menunggu mobil yang telah disiapkan Pemkot untuk mengambil sampah di seluruh wilayah Kota Jayapura.

Kota Jayapura selama ini selalu bersih dan menjadi pemandangan yang indah bagi para tamu yang datang luar kota.

"Kota ini harus menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia khususnya di tanah Papua," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga