Jelang Pilkada, Disdukcapil Kota Gencar Sosialisasikan Surat Keterangan Pengganti e-KTP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura terus gencar menyosialisasikan surat keterangan pengganti e-KTP kepada masyarakat setempat.
Share it:
Merlan S. Uloli, SE, M.Si
Jayapura, Dharapos.com
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura terus gencar menyosialisasikan  surat keterangan pengganti e-KTP kepada masyarakat setempat.

Salah satu tujuan sosialisasi ini adalah dalam rangka pergelaran Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Jayapura, 15 Februari mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, M.Si yang dikonfirmasi, di kantor Wali Kota, Rabu (8/2) merincikan surat keterangan pengganti e-KTP ini terdiri dua macam. 

Yang pertama, untuk penduduk yang sudah melakukan perekaman serta datanya sudah muncul di database Disdukcapil dan siap dicetak.

"Surat Keterangan tersebut menggunakan foto yang telah di scan dari dalam komputer," urainya.

Kemudian, surat keterangan yang kedua, yaitu penduduk yang sudah melakukan perekaman akan tetapi datanya belum muncul dalam data base Disdukcapil.

"Dan surat keterangan seperti ini menggunakan pas foto," lanjut Merlan.

Hal ini yang menjadi tanggung jawab Disdukcapil untuk menyosialisasikan kepada masyarakat Kota Jayapura sehingga pada tanggal 15 Februari petugas di TPS tidak keliru dan mereka bisa membedakan mana yang palsu dan mana yang asli.

"Jangan sampai ada oknum-oknum yang sengaja datang dengan menggunakan surat keterangan palsu untuk melakkukan pemilihan," imbuhnya.

Yang juga terbilang rawan, akui Merlan, petugas di TPS tidak mengenal surat keterangan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil khususnya yang asli.

Ditambahkan, surat keterangan tersebut menggunakan kertas yang dikeluarkan dari Kementerian Dalam Negeri dan bukan kertas biasa.

"Dan untuk menjaga kerahasiaannya, surat keterangan tersebut kami peporasi," tandasnya.

Ditambahkan juga sebanyak 6.800  lembar lebih surat keterangan pengganti e-KTP telah disebarkan di 5 distrik di seluruh wilayah Kota Jayapura.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga