Pemkot Gelar Jumat Bersih Peringati HPSN 2017

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 17 Februari.
Share it:
Sejumlah personil TNI turut terlibat dalam aksi Jumat Bersih dalam rangka HPSN 2017  
Jayapura, Dharapos.com 
Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 17 Februari.

Momen peringatan tersebut merupakan tindak lanjut Deklarasi 23 Kabupaten/kota yang dilakukan di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada 2013 lalu.

Dari ke 23 Kabupaten/Kota tersebut, salah satunya adalah Kota Jayapura.

Dan, momen peringatan ini terus menjadi perhatian Pemerintah setempat untuk setiap tanggal 17 Februari yang dimaknai dengan melaksanakan aksi bersih-bersih bersama.

Terkait itu, Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura menggelar aksi bakti massal memeriahkan HPSN 2017.

Aksi ini juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Jayapura  dengan mengambil lokasi di sekitar Kali Acai, Kelurahan Waimhorok, Distrik Abepura.

Aksi bersih-bersih juga dilakukan di sejumlah ruas jalan 
Sebelumnya, di lakukan apel bersama yang melibatkan ASN dan OPD, serta turut pula jajaran dari institusi TNI dan POLRI.

Bersamaan itu pula, diserahkan 1 unit mobil operasional sampah, 2 unit motor sampah dan  1 unit gudang Bank Sampah oleh Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM.

Mengawali sambutan singkatnya, Penjabat menekankan walaupun Kota Jayapura telah mendapat Adipura namun kebersihan tersebut wajib dipertahankan.

Karena itu, ia pun menghimbau kepada seluruh ASN Kota Jayapura untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan kota Jayapura dengan cara menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal.

"Dan ini merupakan bukti yang dapat kita tunjukkan sebagai ASN dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita," cetusnya.

Apel gabungan sebelum dilaksanakan aksi Jumat Bersih
Penjabat juga mengajak ASN untuk wajib memberikan contoh agar masyarakat Kota Jayapura dengan sendirinya bisa mengambil bagian untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Dan ingat, setiap hari Jumat kita masing-masing membersihkan lingkungan di sekitar kita sebagai bukti kita peduli dan  memperhatikan lingkungan kita masing-masing," ajaknya.

Penjabat juga menyayangkan kondisi Kali Acai yang kini menampung banyak sampah yang berada dalam kali akibat ulah masyarakat.

"Makanya kita turut memberikan pelajaran kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran Kali Acai agar jangan sembrono dan tidak tahu aturan. Dan jangan juga membuat rumah di pinggiran kali kalau tidak bisa menjaga kebersihan," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada TNI dan POLRI yang telah turut mengambil bagian bersama Pemkot pada kerja bakti massal dalam rangka HUT Kota Jayapura.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga