Penjabat Resmi Buka Diklat Prajabatan Golongan 1 - III TA 2017

Share it:
Ratusan peserta Diklat Prajabatan Gol I - III Lingkup Pemkot Jayapura saat mengikuti pembukaan 
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah kota dalam hal ini Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan I, II dan III di lingkup Pemerintah setempat Tahun Anggaran 2017.

Diklat Prajabatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota, Daniel Pahabol, S.Pd, MM bertempat di gedung Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (9/2).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Penjabat Wali Kota yang didampingi oleh Sekda Kota dan Kepala Badan Diklat Kota Jayapura.

Penjabat dalam sambutannya mengatakan perjalanan reformasi birokrasi diharapkan dapat mengarah pada terwujudnya Pemerintahan yang baik.

Sehingga diperlukan sosok aparatur sipil negara (ASN) yang peka terhadap keadaan lingkungan, serta mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi.

Penjabat Daniel Pahabol, S.Pd, MM didampingi Sekda Kota dan Kepala Badan Diklat Kota Jayapura
"Kemudian, mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menunjang strategi pengembangan organisasi serta memegang teguh etika profesi sebagai pejabat publik yang mampu berperan sebagai motivator serta inspirator," urainya.

Tentu juga ASN wajib menjunjung tinggi standar etika publik dalam pelaksanaan tugas jabatannya sehingga mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah penyelenggaraan Diklat prajabatan yang inovatif dan yang didukung oleh semua pihak.

Diakui Penjabat, praktek pembelajaran Diklat selama ini masih bersifat klasik dan didominasi oleh penceramah sehingga sulit untuk membentuk nilai-nilai dasar profesi ASN tersebut terutama proses internalisasi pada diri peserta masing-masing.

"Dimana diperlukan sebuah penyelenggaraan Diklat prajabatan inovatif yaitu penyelenggaraan Diklat prajabatan yang memungkinkan peserta mampu menginternalisasi kompetensi-kompetensi tersebut," akuinya.

Melalui pelaksanaan Diklat prajabatan ini diharapkan dapat menghasilkan SDM Kota Jayapura profesional yang dewasa ini sangat dibutuhkan untuk mengelola segala prakondisi dan sumber daya pembangunan yang ada agar daerah ini dapat mengejar berbagai ketertinggalan global.

Pejabat juga pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara RI yang bekerja sama dengan Pemkot Jayapura melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura dalam menyelenggarakan diklat prajabatan K2 Golongan I, II dan III.

Penyematan tanda peserta
Kepala Badan Diklat setempat juga diminta terus membangun kerja sama dengan pihak LAN RI dan juga Badan Diklat Provinsi Papua sehingga Kota Jayapura menjadi barometer bagi Provinsi Papua dalam berbagai hal.

Peserta diklat prajabatan juga diharapkan agar sabar dan tekun dalam mengikuti diklat serta menyimak setiap materi yang diberikan dengan baik dan benar.

Kepala Badan Diklat kota Jayapura DR. Robeth J. Betaubun, S.Pd, MM dalam laporannya mengatakan, diklat prajabatan ini diikuti oleh 389 orang untuk TA 2017.

Peserta yang sudah mengikuti Diklat prajabatan kategori 2 di lingkup Pemkot Jayapura sebanyak 547 orang. Dengan demikian total peserta yang telah mengikuti Diklat prajabatan secara keseluruhan sebanyak 936 orang.

"Dalam rangka pelayanan prima bagi ASN khususnya kategori dua selain mengikuti Diklat prajabatan juga wajib melengkapi persyaratan pengurusan Kartu Taspen," sambung Betaubun.

Sehingga diharapkan saat selesai Diklat prajabatan maka secara otomatis dapat menerima sertifikat prajabatan dan kartu Taspen karena telah dikoordinasikan antara PT Taspen dan Badan Diklat Kota Jayapura yang nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Taspen dan Pemkot.

Pelaksanaan ini juga berdasarkan Surat Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI Nomor. 272 /D.2/ PDP.03.6 tanggal 3 Februari 2017 dan  Peraturan Wali Kota Jayapura Nomor 14 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Diklat Pola Satu Pintu.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga