SMA Satria Pastikan Kesiapan Laksanakan UNBK 2017

SMA Satria termasuk salah satu sekolah swasta yang ada di Kota Jayapura, yang telah memastikan kesiapannya untuk melaksanakan Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK ) di tahun 2017 ini.
Share it:
Kadisdik Kota I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd cek kesiapan SMA Satria melaksanakan UNBK  
Jayapura, Dharapos.com 
SMA Satria termasuk salah satu sekolah swasta yang ada di Kota Jayapura, yang telah memastikan kesiapannya untuk melaksanakan Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK ) di tahun 2017 ini.


Pada awalnya, sekolah yang telah berdiri sejak 30 tahun lalu, belum bisa melaksanakan UNBK karena sejumlah tantangan yang di hadapi, terutama pada kesiapan sarana dan prasarana, salah satunya  peralatan komputer sebagai syarat utama menggelar UNBK.

Seiring berjalan waktu, akhirnya sekolah yang berada di kawasan Tasangka ini, bisa melaksanakan UNBK di tahun ini dengan kekuatan 15 unit komputer untuk 15 peserta didik.

Kepala SMA Satria, Drs. Efendi H. Ibrahim, MM, saat dikonfirmasi menegaskan kesiapan pihaknya.

"Ketika Pemerintah memberikan informasi bahwa Ujian Nasional itu berbasis komputer harus di ikuti semua sekolah maka kami menyikapi itu dengan baik. Karena yayasan yang kami bina dari awal ini adalah merupakan partner dan garis terdepan untuk menyukseskan program Pemerintah walaupun banyak tantangan yang dihadapi," tegasnya saat menerima kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd untuk meninjau kesiapan pelaksanaan UNBK.

Walaupun menghadapi banyak tantangan, pihaknya tetap berupaya merespon baik terhadap program Pemerintah dengan jalan mencari solusi untuk bagaimana program ini bisa berjalan sukses.

Diakui Ibrahim, pihaknya bertekad untuk menyelenggarakan UNBK tanpa harus menempel pada sekolah yang selama ini menjadi pembina bagi SMA Satria yakni SMA Negeri 4 Jayapura.

"Kami mengambil keputusan bersama guna menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer tidak lagi menumpang di SMA Negeri 4 Kota Jayapura," akuinya.

Olehnya itu, pihak sekolah mulai berkoordinasi dengan pihak PT Telkom untuk mempersiapkan jaringan internet pada SMA Satria dan kemudian berupaya untuk mencari server untuk dilakukan pemasangan.
Dan setelah terpasang, hal itu meyakinkan pihak sekolah untuk memutuskan melaksanakan UNBK.

Kepala SMA Satria, Drs. Efendi H. Ibrahim, MM (kiri) saat memberikan keterangan
"Pihak sekolah berpendapat bahwa kenapa sekolah lain bisa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer sementara SMA Satria tidak bisa? Maka dari situlah pihak sekolah bertekad untuk menyelenggarakan UNBK sendiri," tandasnya.

Ke depannya, Ibrahim menambahkan SMA Satria tidak saja mengikuti UNBK namun ujian semester atau proses belajar mengajar pun akan difokuskan dengan menggunakan komputer.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiasa, S.Pd, MM.Pd juga turut memastikan bahwa SMA Satria optimis untuk melaksanakan UNBK dikarenakan pelaksanaannya sistem three in one.

"Artinya 3 siswa satu komputer sehingga jika jumlah peserta 45 maka 15 komputer tersebut sudah mencukupi apalagi dilakukan secara 3 shift," jelasnya.

Sistem ini telah dilegalisasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan juga Pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pendidikan Papua.

Dikatakannya, dalam komitmen untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK, pihaknya terus melakukan kunjungan ke berbagai sekolah.

Seperti saat dilakukan di SMA Satria, mantan Kepala SMA Negeri 4 Jayapura ini kaget ketika mendengar langsung dari pimpinan lembaga tersebut bahwa SMA Satria di tahun ini bisa melaksanakan UNBK sendiri.

"SMA Satria telah menyediakan sarana dan prasarana baik komputer hingga pengadaan server sendiri," pujinya.

Diakui Wayan, ada beberapa Sekolah Negeri di Kota Jayapura yang tidak bisa melaksanakan UNBK sehingga hal ini merupakan catatan bagi kepala sekolah dari Pemkot Jayapura.

"Karena sekolah negeri yang merupakan sekolah pemerintah namun mereka tidak bisa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer sedangkan sekolah swasta  seperti SMA Satria, SMA Gabungan, SMA Ampari, dan SMA 45 bisa melaksanakannya," akuinya.

Ditambahkan juga, setiap SMP, SMA dan SMK yang sudah mendaftar guna melaksanakan UNBK telah diproteksi dan tidak ada penambahan lagi.

"Artinya sudah diproteksi ke tingkat nasional sehingga sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK di Kota Jayapura sudah terdaftar di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI salah satunya adalah SMA Satria," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga