Sukses di Tolikara, Program 1000 Hari Kehidupan Bakal Terus Diintensifkan

Share it:
Spanduk program 1000 hari kehidupan bagi ibu hamil di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua
Jayapura, Dharapos.com
Program 1000 hari kehidupan yang menjadi salah satu primadona dari program Gerbangmas Hasrat Papua di era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH dan Wakil Gubernur  Papua, Klemen Tinal, SE, MM bakal terus diintensifkan.

Program ini mendapat perhatian di beberapa daerah dan berjalan sukses di Kabupaten Tolikara, dimana banyak membantu ibu hamil maupun ibu menyusui.

Karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi  Papua selaku institusi yang bertanggung jawab atas hal tersebut telah siap untuk memaksimalkannya.

“Program  ini merupakan program primadona yang terintegrasi dalam program Gerbangmas Hasrat Papua, selaku SKPD terkait kami siap untuk  mengintensifkan program ini,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes ketika dikonfirmasi di Kantor Gubernur Papua, pekan kemarin.

Dikatakan, program 1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari anak  masih dalam kandungan (9 bulan 10 hari = 280 hari) dan sampai anak  tersebut berusia 2 tahun (720 hari) dengan catatan 1 bulan = 30 hari.

Kegiatan ini, dirincikannya, berupa pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil dan menyusui yang dilakukan setiap hari, dari Senin sampai Sabtu. Sedangkan hari minggu berupa bekal yang dimakan  di rumah.

Setiap  hari ibu hamil/menyusui datang ke posyandu, kecuali minggu.

"Pemberian makanan dilakukan satu kali saja yaitu pagi hari sekitar pukul 09.00 WIT dan setiap hari juga diberikan bekal PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk ibu hamil/ menyusui, yang akan dimakan sore hari di rumah,” rinci Giyai.

Selain itu ada kegiatan rutin yang dilaksanakan di posyandu yaitu doa bersama, stimulasi janin dengan menggunakan kata-kata yang indah dengan suara ibu, penyuluhan- penyuluhan, pemeriksaan kehamilan setiap seminggu sekali di dampingi oleh bidan dan satu bulan sekali di dampingi dokter.

Kemudian, cuci tangan, pembuatan susu ibu hamil, makan bergizi bersama, pemberian vitamin Folamil 1 tablet setiap hari dan masing-masing ibu hamil dibekali pemberiaan makanan tambahan untuk dikonsumsi pada sore atau malam hari ini.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga