Talk Show Putaran II, BTM Tegaskan Butuh Pribadi yang Loyal Majukan Kota Jayapura

KPU Kota Jayapura kembali menggelar Talk Show putaran ke II pasangan calon Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan wakilnya Ir. H. Rustan Saru, MM bertempat di Hotel Aston Jayapura, Senin (6/2).
Share it:
Talk Show putaran ke II pasangan calon Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan wakilnya
Ir. H. Rustan Saru, MM bertempat di Hotel Aston Jayapura, Senin (6/2)
Jayapura, Dharapos.com
KPU Kota Jayapura kembali menggelar Talk Show putaran ke II pasangan calon Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan wakilnya Ir. H. Rustan Saru, MM bertempat di Hotel Aston Jayapura, Senin (6/2).

Tema yang diusung kali ini : "Memantapkan Pelayanan Publik, Tata Kelola Birokrasi dan Sinergitas Kelembagaan di Kota Jayapura".

Pegiat HAM, Fritz Ramandey tampil sebagai moderator mendampingi tiga panelis masing-masing Prof. Akbar Silo (Bidang Ekonomi dan Administrasi Publik), Dr. Yan Pieter Rumbiak (Bidang Ilmu Pemarasan dan Dosen IPDN), serta Ir. Lindon B. Pangkali (Bidang lingkungan Hidup)

Talk Show di buka secara lansung oleh Anggota KPU Provinai Papua Izak Hikoyabi.

"Mari kita junjung bersama-sama dan pegang konstitusi kita agar proses demokrasi yang berlangsung di Kota Jayapura ini berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ajaknya mengawali sambutan singkatnya.

Selaku penyelenggara Pemilu, pihaknya memastikan bahwa mulai dari pelaksanaan pengambilalihan tugas dari KPU Kota sampai dengan tanggal 15 Maret 2017 nantinya, adalah tangung jawab mutlak dari KPU Provinsi Papua

"Oleh sebab itu, pada malam ini kami harapkan pada pasangan calon untuk memberikan pendidikan politik sesuai dengan kondisi rill Kota Jayapura dan bagi para pendukung agar memberikan kontribusi yang terbaik agar pemilihan satu pasangan calon di Kota Jayapura memberikan nuansa politik yang segar," harapnya.

Pantauan media ini, memasuki sesi berikutnya, setelah membaca dan menyimak program visi misi dari BTM-HaRUS, menurut Dr. Yan Piter Rumbiak, UU Otonomi Khusus (Otsus) tidak begitu disingung didalamnya.
Menangapi pertanyaan tersebut, Calon Wali Kota yang akrab disapa BTM memberi penjelasan bahwa di Papua sendiri terdapat 2 UU yang berlaku yaitu UU Pemerintahan Daerah dan UU Otsus.

"Dari kedua UU tersebut dimasa kepemimpinan saya 5 tahun kemarin sudah berjalan di Pemerintahan dan salah satu visi misi adalah kami tentang kearifan lokal bagi 14 kampung yang ada di Kota Jayapura," urainya.

BTM kemudian memberikan contoh kecil terkait visi misinya yang menyentuh pada UU Otsus yaitu masalah pendisikan.

"Di tahun kemarin saya memberikan beasiswa khusus untuk anak-anak Port Numbay," tukasnya.

Selanjutnya dari Ir. Lindon Pangkali mempertanyakan bagaimana strategi mempersiapkan masyarakat adat untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asian (MEA) dan memanfaatkan SDA dan SDM bukan hanya bagi orang asli Papua tetapi juga bagi masyarakat Nusantara.

Calon Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru mengungkapkan untuk masyarakat adat Papua yang berkaitan dengan Kota Jayapura, jika dikaitkan dengan MEA maka tentu akan ada persaingan yang luar biasa.

"Oleh karena itu, harus ada peningkatan sumber daya manusia di tingkat bawah khususnya pada masyarakat adat Papua," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Rustan, jika ada investasi yang masuk ke Papua diwajibkan merekrut masyarakat adat Papua sehinga mereka bisa ikut terlibat dalam proses pembangunan.

"Yang tentunya juga akan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat di Kota Jayapura," tukasnya.

Diakhir sesi tanya jawab tersebut, BTM juga menegaskan jika pasangan yang mengusung jargon BTM - HaRUS membutuhkan orang yang loyal.

"Saya tidak butuh orang yang hanya pintar saja tetapi juga loyal untuk memajukan Kota Jayapura ke arah yang lebih baik lagi," pungkasnya.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga