Telkom - PLN Siap Dukung Pelaksanaan UNBK di Kota Jayapura

General Manager PT Telkom Area Kota Jayapura, Jhon Titaley berjanji akan mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun 2017 dan turut mengawasi pelaksanaannya.
Share it:
GM Telkom Area Jayapura, Jhon Titaley
Jayapura, Dharapos.com 
General Manager PT Telkom Area Kota Jayapura, Jhon Titaley berjanji akan mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun 2017 dan turut mengawasi pelaksanaannya.

Dalam hal ini, pihaknya akan memaksimal sejumlah fasilitas yang dimiliki untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK 2017.

"Untuk penyelenggaraan UNBK nanti maka Bandwitd yang disarankan adalah sebesar 1 Megabyte  untuk sinkronisasi data dari server pusat ke server sekolah," ungkapnya saat mengikuti Rapat Koordinasi
Pemantapan UNBK 2017 Pemerintah kota Jayapura bersama steakholder bertempat di ruang rapat Wali Kota, Senin (20/2).

PT Telkom, lanjut Titaley, akan membuat kontigensi yaitu dengan mengaktifkan kembali grup PPDB Online.

"Dan nantinya akan diinvite ke operator atau teknisi sekolah yang bisa berkoordinasi dalam grup yang telah dibuat. Agar ketika terjadi gangguan terkait dengan link internet yang terlambat atau bermasalah maka teknisi dapat  memastikan kenyamanan dari server ke ruang laboratorium," lanjutnya.

Dan, apabila masalah di jalur internet pada modem Telkom bermasalah maka bisa langsung disampaikan pada grup.

"Selain itu juga kita akan melakukan download sebelum hari H yaitu masa sinkronisasi sebagai baian dari koordinasi," sambungnya.

UNBK ini hanyalah masalah koordinasi sehingga grup PPDB Online diaktifkan untuk menindaklanjuti itu dan apa saja persoalannya pasti bisa dicari solusinya.

Karena apabila terjadi pemutusan jaringan maka Telkom hanya bisa mencover 30 bandwith.

"Jadi, kalau sekolah ingin ada efek layanan, kita punya layanan internet astinet yang dedikatif. Sedangkan khusus bagi sekolah-sekolah yang berkekuatan uang besar maka dipakai layanan premium artinya kalau optik putus maka layanan internet kita berjalan seperti biasa," jelasnya.

Titaley mencontohkan, SMA 45 menggunakan layanan Premium kelas 2, sehingga apabila kabel optik mengalami gangguan atau putus maka jaringan tetap berjalan. Berbeda dengan jaringan Indi Home yang apabila optik putus maka jaringan juga ikut terputus.

Khusus bagi sekolah-sekolah pelaksana UNBK yang memiliki Indi Home, pihaknya juga meminta agar memasukkan data ke Telkom untuk dimasukkan pada daftar prioritas.

Titaley  menambahkan, untuk masalah jaringan di Papua adalah masalah jaringan backboard.

"Pada kondisi bawah laut kita, banyak terdapat relief-relief yang jika terjadi gempa vulkanik maupun tektonik yang sangat kuat menimbulkan reruntuhan yang besar," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, GM. PT. PLN Persero Area Jayapura, Jhon Jarangga juga menambahkan dalam rangka pelaksanaan UNBK maka langkah awal yang akan diambil pihaknya adalah berkoordinasi dan mendatangi setiap sekolah dalam rangka memeriksa instalasi listriknya.

"Hal ini sangat penting karena pemadaman yang terjadi juga karena instalasi internal di sekolah. Seperti yang terjadi pada SMK Negeri 6 di mana saat terjadi pemadaman maka instalasi sekolah pun kita periksa.
Artinya kita  tidak bisa  menyatakan bahwa kondisi instalasi itu aman tanpa ada jaminan," urainya.

Seperti juga yang terjadi di SMK Negeri 2 Jayapura karena menurut persyaratan di PLN instalasi pada sekolah tersebut tidak aman untuk ukuran sebuah sekolah yang memiliki banyak peralatan.

"Instalasinya langsung disambung dari tiang masuk sekolah tanpa ada standar yang jelas dari PLN sehingga harus dilakukan evaluasi dan peninjauan langsung," sambung Jarangga.

Karena itu, ia kembali menyampaikan komitmen PT. PLN Area Jayapura untuk memberikan pelayanan yang terbaik saat pelaksanaan UNBK. Dengan demikian, pihaknya juga dapat ikut serta memberikan kontribusi baik untuk menunjang pendidikan di Kota Jayapura.

"Kami berharap sepanjang pelaksanaan UNBK di Kota Jayapura bisa berjalan lancar," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga