2017, 300 Perempuan di Kota Jayapura Terima Pelayanan Papsmear Gratis

Sebanyak 300 perempuan di Kota Jayapura akan mengikuti kegiatan pelayanan Papsmear gratis di tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA-KB) setempat.
Share it:
Betty A. Puy, SE, M.PA
Jayapura, Dharapos.com
Sebanyak  300 perempuan di Kota Jayapura akan mengikuti kegiatan pelayanan Papsmear  gratis  di tahun 2017 yang dilaksanakan oleh  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA-KB) setempat.

Demikian pernyataan Kepala Dinas PPPA-KB Kota Jayapura, Betty A. Puy, SE, M.PA saat pembukaan kegiatan pelayanan Papsmear Gratis bagi ibu-ibu yang ada di 5 distrik, bertempat di BKKBN Provinsi Papua, Selasa (28/2).

Saat dilakukan konseling KIE untuk membangun pemahaman  keluarga, tidak seberapa dari yang targetkan untuk hadir.

"Sehingga kami melibatkan semua perempuan yang ada dalam rangka untuk melihat secara jelas bahwa indeks pembangunan manusia tidak kita pisahkan dengan perempuan Papua," jelasnya.

Meski demikian, diakui Betty, karena dana kegiatan tersebut dialokasikan dari Dana Otonomi Khusus sehingga pihaknya memprioritaskan untuk perempuan Papua.

"Dalam konseling juga telah kami sampaikan bahwa ini tidak akan dilaksanakan namun dalam rangka keadilan maka kami masukan pelayanan Papsmear dalam rangka deteksi dini kanker leher rahim dan mulut rahim bagi kaum perempuan," akuinya.

Pelayanan yang dilakukan Dinas PPPA-KB Kota Jayapura tidak berjalan sendiri namun didampingi oleh dokter khusus untuk melayani ibu-ibu yang dihadirkan dalam rangka melakukan deteksi dini guna mengetahui kondisi dalam dari reproduksi perempuan.

Dijelaskan, Kanker Serviks merupakan pembunuh nomor satu untuk perempuan, sehingga banyak perempuan tidak berani untuk memeriksakan diri sehingga melalui pelayanan ini, pihaknya bisa menolong para perempuan.

Dirincikan, dari data Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Papua, ada sekitar 600 perempuan penderita Kanker Serviks yang di dalamnya juga termasuk kota Jayapura.

"Kami juga berusaha untuk bekerja sama dengan rumah-rumah sakit yang melakukan kegiatan pelayanan untuk melayani penyakit kanker," rinci Betty.

Olehnya itu, ia mengajak perempuan Kota Jayapura untuk berani memeriksakan kondisi diri, agar dapat mengetahui penyakit seperti apa yang ada dalam tubuh masing-masing.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga