Bangun Pasar Mama Papua, BTM : Terima Kasih Bapak Presiden

Wali Kota terpilih DR. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kebijakan Presiden RI Ir. Joko Widodo yang telah memfasilitasi pembangunan Pasar Mama Papua di Kota Jayapura.
Share it:
BTM selaku Wali Kota terpilih, saat memberikan keterangan usai pertemuan dengan mama-mama Papua
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota terpilih DR. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo atas kebijakan yang telah memfasilitasi pembangunan Pasar Mama Papua di Kota Jayapura.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang sudah bangun pasar ini bagi Mama-mama Papua," ucapnya  usai memfasilitasi pertemuan antara suku  Hai dan Ireuw, Rabu (1/3).

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah menyiapkan lokasi untuk pembangunan pasar tersebut.

Untuk itu, hal pertama yang akan diselesaikan yaitu masalah tanah yang dimiliki oleh Perum Damri bersama dengan Pemerintah sebagai pengguna tanah ini.

"Kemudian akan kita bicarakan masalah hak ulayat pada tempat tersebut dan kita akan melihat dokumen-dokumen yang dimiliki oleh Pemerintah dan pemilik hak ulayat," urainya.

Pasar yang dirindukan oleh mama-mama Papua ini telah terwujud setelah dibangun Pemerintah pusat.

"Pembangunan pasar ini telah rampung 100 persen dalam jangka waktu 5 bulan dan siap digunakan sesudah resmikan oleh Presiden Joko Widodo nantinya," jelasnya.

Rencana peresmian pasar kata pria yang akrab disapa BTM ini, akan dilaksanakan pada Mei mendatang namun akan didahului dengan pelatihan-pelatihan bagi mama-mama yang akan menempati pasar tersebut.
Pasar Baru ini akan dikhususkan bagi mama-mama Papua dan juga bagi  bapa-bapa untuk menjual daging.

"Ruangan-ruangan ini diutamakan bagi mama-mama Papua yang sementara berjualan di tenda depan Hotel Dafonsoro,' ungkapnya.

Selain itu mama-mama yang berjualan di emperan-emperan toko maupun mama penjual noken, semuanya akan masuk di pasar yang baru ini agar terhindar dan tidak terkena panas, debu dan  hujan.

Bahkan, jika pasar Mama Papua ini masih terdapat ruang kosong, BTM juga akan memprioritas mama-mama asli Port Numbay dari Kampung Kayu Pulo, Kayu Batu, Tobati dan Enggros untuk berjualan di pasar tersebut.

"Pasar Mama Papua ini belum diberikan nama namun untuk sementara pasar ini akan dinamai sesuai dengan kearifan lokal setelah dikoordinasikan juga dengan pemilik hak ulayat," cetusnya.

BTM juga pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Koordinator Sulfat dalam menyiapkan sejumlah kegiatan pelatihan yang akan dilakukan mulai Senin pekan depan terhadap mama-mama pedagang Papua.

Ditambahkan pula, untuk ruangan atas nantinya akan dijajakan makanan-makanan khusus khas Papua yang
tentu akan dilatih cara memasaknya oleh tim Pokja Papua.

Tidak hanya itu, insan pers di Kota Jayapura bakal disediakan areal dengan fasilitas Wifi gratis.

"Nantinya juga akan ditempatkan UPTD yang bertugas mengelola pasar setelah berkoordinasi dengan Pokja Papua termasiuk masalah keamanan dan kebersihan karena permintaan dari Presiden bahwa pasar ini harus bersih," tukasnya

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga